Gunung Semeru Keluarkan Awan Panas Lagi, BPBD: Aman, Jauh dari Pemukiman

Dec 23, 2020 17:43
Guguran awan panas gunung Semeru hari ini (Foto : Warga sekitar Semeru / Jatim TIMES)
Guguran awan panas gunung Semeru hari ini (Foto : Warga sekitar Semeru / Jatim TIMES)

MALANGTIMES - Sehari setelah tanggap darurat Semeru dihentikan, Gunung Semeru mengeluarkan awan panas lagi. Menurut BPBD Lumajang, luncuran awan panas ini terjadi pada pukul 13.39, hari ini Rabu (23/12).

Wawan Hadi, dari Kantor BPBD Lumajang menyebutkan, luncuran awan panas ini berjarak 3,5 KM dari puncak Semeru, dan masih aman untuk warga untuk yang berada di kaki gunung Semeru.

Baca Juga : Polres Malang Bersama Satgas Pangan Sidak Pasar Kepanjen

"Jaraknya 3,5 KM dari puncak Semeru dan masih aman untuk warga sekitar Semeru. Hanya saja berpotensi hujan abu untuk wilayah selatan Lumajang," kata Wawan Hadi kepada Jatimtimes.

Kendati demikian, Wawan Hadi berharap warga tetap waspada karena khawatir ada guguran awan panas lagi dalam waktu beberapa jam ke depan.

Selama beberapa hari terakhir, kondisi aktivitas vulkanik terus menurun. Warga yang semula berada di pengungsian pada malam hari, sudah kembali ke rumah masing-masing, karena dinilai sudah aman.

Baca Juga : Pantau Prokes Ibadah Natal, Wali Kota Malang Safari Keliling Gereja

Karen keadaan terus membaik, maka masa tangga darurat Erupsi Semeru yang ditetapkan pada tanggal 1 Desember lalu, pada hari Selasa (21/12) kemarin dinyatakan dihentikan.

Topik
Gunung SemeruSemeru Semburkan Awan panasKabupaten LumajangBerita Lumajang hari Ini

Berita Lainnya

Berita

Terbaru