Wajib Diamalkan, ini Tiga Wasiat Rasulullah SAW untuk Kedudukan Tinggi di Sisi Allah SWT

Dec 22, 2020 07:59
Ilustrasi (Istimewa).
Ilustrasi (Istimewa).

MALANGTIMES - Memiliki kedudukan tinggi di sisi Allah SWT tentu menjadi keinginan seluruh umat muslim. Itu sebabnya, seluruh muslim selalu berlomba-lomba untuk melakukan amalan baik agar di akhirat kelak bisa senantiasa mendapatkan ridha Allah SWT.

Keinginan untuk mendapatkan kedudukan tinggi di sisi Allah SWT itu sebelumnya juga banyak disampaikan oleh para sahabat. Para sahabat pun kemudian bertanya kepada Rasulullah SAW mengenai amalan yang baik untuk bisa meraih ridha Allah SWT.

Baca Juga : Empat Suara Merdu yang Hanya Bisa Didengar di Surga, Berikut Keutamaannya

Ustadz Khalid Basalamah dalam sebuah kajian yang diunggah channel YouTube Khalid Basalamah Official menjelaskan, ada seorang sahabat yang bertanya mengenai apa saja amalan yang baik dan bermanfaat untuk dirinya sendiri dan orang lain. Selain itu juga akan bisa memberikan kedudukan tinggi di sisi Allah SWT.

"Wahai Rasulullah SAW, beritahu aku amalan-amalan yang paling utama, yang jarang dilakukan orang dan memiliki keutamaan besar. Sehingga aku memiliki kedudukan di sisi Allah SWT," tanya sahabat itu.

Maka Rasulullah SAW menjawab, "Sambunglah silaturahim dengan orang yang memutus hubungan denganmu. Ke dua berilah sedekah kepada orang yang kikir kepadamu. Ke tiga maafkanlah orang yang berbuat dhalim kepadamu,".

Poin pertama yang disampaikan Rasulullah SAW berdasarkan hadits tersebut adalah untuk selalu menjaga silaturahim, meskipun dengan orang yang memutuskan hubungan. Dengan menjaga silaturahim, maka hubungan akan lebih harmonis. Setiap hubungan yang terputus hendaknya disambung untuk muamalah kepada Allah SWT.

Kemudian pesan ke dua adalah untuk tidak membalas kekikiran seseorang. Sehingga, apabila ada sosok yang kikir, maka setiap muslim wajib untuk membalasnya dengan kebaikan. Amalan ini akan memberikan kedudukan mulia bagi setiap muslim yang mengerjakannya.

Amalan terakhir adalah memaafkan setiap orang yang melakukan perbuatan dhalim. Meskipun itu berat, namun memaafkan seseorang yang berbuat dhalim akan memberikan banyak manfaat kepada setiap muslim. Salah satunya adalah jauh dari sifat dendam yang tidak dibenarkan dalam Islam.

Baca Juga : Kisah Lucu Sahabat Rasulullah SAW yang Tak Bisa Berhitung dan Meminta Tebusan

Maka wasiat Rasulullah SAW itu menjadi kunci untuk bisa memiliki kedudukan yang tinggi di sisi Allah SWT. Ke tiga hal tersebut memang bukan hal yang mudah untuk dikerjakan. Namun Rasulullah SAW mewasiatkan agar setiap muslim menjalankan setiap amalan baik tersebut. Sebab, apa yang ada di dunia pada dasarnya akan kembali kepada Allah SWT. Di mana hubungan antara manusia pada akhirnya adalah bermuara pada Allah SWT.

Dengan segala keridhaan yang dimiliki atas kehendak Allah SWT, maka seorang muslim akan merasakan kenikmatan yang sangat luar biasa. Selain itu, seorang muslim juga akan merasakan kedudukan yang tinggi di sisi Allah SWT.

"Apa yang kita kerjakan di dunia ini untuk bermuamalah dengan Allah SWT," terang ustadz Khalid.

 

Topik
Kisah Rasulullah SAW

Berita Lainnya

Berita

Terbaru