Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Lewat Festival Usaha Juragan, Dekranasda Jatim Dukung Digitalisasi 1.000 UMKM

Penulis : M. Bahrul Marzuki - Editor : Heryanto

18 - Dec - 2020, 19:54

Festival Usaha Juragan
Festival Usaha Juragan

MALANGTIMES - Dekranasda dan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur (Jatim) menghadirkan Festival Usaha Juragan guna mendukung digitalisasi usaha lokal berkerja sama dengan Grab melalui pelatihan dan kesempatan promosi. 

Festival ini terbagi dalam tiga rangkaian acara, yaitu webinar dengan tema “Strategi Mengembangkan Bisnis”,  Bazaar Usaha Juragan, dan Penghargaan Juragan Jempolan. Acara yang berlangsung dari 27 November hingga 18 Desember 2020 ini diikuti oleh lebih dari 1.000 UMKM dan social seller dari berbagai kota di Jatim. 

Baca Juga : Ciptakan UMKM Bersaing Global, Pemkot Malang Fokus Pendampingan Pemasaran

 

Arumi Bachsin Ketua Dewan Kerajinan Nasional Provinsi Jatim, menyampaikan, pihaknya senang dapat bekerja sama dengan Grab untuk terus mendukung digitalisasi UMKM. Tulang punggung yang menggerakkan roda perekonomian di Jatim adalah UMKM dengan kontribusi mencapai 54% kepada Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Jatim 1. 

Melihat hal ini, Dekranasda memfasilitasi dan membantu para pelaku usaha untuk bisa bertahan di era new normal dengan memberikan pelatihan dalam menjalankan bisnis. Mereka juga perlu mulai berdigitalisasi sambil terus memperbaiki kualitas produknya sehingga dapat terus berkembang dan mampu bersaing. 

"Dengan memanfaatkan teknologi digital seperti Grab, menjalankan usaha bisa menjadi mudah. Mulai dari pembelian bahan baku, perluasan pasar hingga ke luar kota, sampai dengan pengiriman barang ke tangan pembeli," ujarnya.

Untuk mengapresiasi para peserta yang ikut berpartisipasi dalam acara ini, Grab memberikan penghargaan kepada tiga pelaku UMKM dengan pencapaian terbaik selama Festival Usaha Juragan berlangsung.

Halim WIjaya, Director of East Indonesia Grab Indonesia, menyampaikan, sejalan dengan misi GrabForGood dan sebagai bagian dari program #TerusUsaha, Festival Usaha Juragan ini merupakan wujud komitmen untuk terus mendukung para pelaku usaha agar bisa memulai proses transformasi digital mereka dan bisa tetap bertahan di masa pandemi.

Baca Juga : Tiga Bank Syariah di Indonesia Merger, Ini Nama Barunya

 

"Kami sangat senang melihat antusiasme tinggi dari ribuan UMKM di Jawa Timur yang telah mengikuti seluruh rangkaian acara ini dan membawa semangat #TerusUsaha. Semoga pelatihan serta teknologi inklusif yang dihadirkan oleh Grab, dapat terus mendukung UMKM untuk berdigitalisasi dengan mudah sehingga dapat mendorong roda perekonomian di Jawa Timur," imbuhnya.
 

 


Topik

Ekonomi


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

M. Bahrul Marzuki

Editor

Heryanto