Gasak Motor Warga Jabung, Komplotan Maling Spesialias Persawahan Diringkus Polres Blitar

Dec 17, 2020 14:34
Dua tersangka pencurian diamankan Polres Blitar
Dua tersangka pencurian diamankan Polres Blitar

MALANGTIMES - Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Blitar meringkus dua orang maling spesialis persawahan. Kedua pelaku masing-masing berinisial MN (21) warga Sukun, Kota Malang dan MC (23) warga Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar.

Kapolres Blitar, AKBP Ahmad Fanani Eko Prasetya mengungkapkan, kedua pelaku merupakan residivis yang bebas berkat program asimilasi. Keduanya kenal di dalam penjara dan kemudian melakukan sekongkol untuk kembali menjalankan aksi kejahatan.

Baca Juga : Pria Ini Apes, Jadi Korban Penipuan Malah Dianggap Penipu

“Keduanya bersekongkol sejak di dalam penjara untuk kembali melakukan aksi kejahatan,” terang Fanani dalam pres rilis yang digelar pada Kamis (17/12/2020). 

Dikatakannya, korban dari aksi pencurian ini adalah Suwarti (51) warga Desa Jabung, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar. Pencurian terjadi pada Sabtu (5/12/2020) lalu di sebuah area persawahan di Desa Jabung.

“Modus operandi dari pelaku adalah dengan mencari dulu sasaran yang akan mereka curi. Kemudian mereka mencari jalan yang akan dilalui setelah berhasil mencuri barang yang jadi sasaran,” jelasnya. 

Dalam menjalankan aksinya, pelaku MN alias Bocil bersama pelaku MC menaiki motor menuju  Lapangan Jabung di Desa Jabung, Kecamatan Talun. Di lapangan tersebut ada motor yang sering diparkir oleh pemiliknya kemudian ditinggal ke sawah. Selanjutnya pelaku MN  menghampiri motor tersebut dan melihat situasi sekitar, setelah situasi dilihat aman kemudian MN merusak kunci kontak motor tersebut menggunakan kunci T.

Baca Juga : Niat Baik Kembalikan Pulsa, Saldo Rekening Wanita Ini Malah Dikuras Penipu

“Korban melihat aksi kejahatan setelah sepeda motor yang dicuri berhasil dinyalakan oleh pelaku. Korban kemudian berteriak maling. Pelaku bergegas pergi dan membawa kabur sepeda motor ke arah Malang,” paparnya.

Akibat perbuatanya, kedua pelaku dijerat dengan Pasal 363 ayat (1) ke 4 dan 5 KUHP.  Dengan ancaman hukuman paling lama lima tahun penjara.

Topik
Pencurian MotorPelaku Curanmor

Berita Lainnya

Berita

Terbaru