Seriusi Kontribusi untuk Kota Batu, Unikama Teken Kerja Sama dengan Barenlitbangda

Dec 15, 2020 18:24
Dr Sudiyono MPd, kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) serta Kepala Bidang Litbang Barenlitbangda Kota Batu Hery Widodo saat melakukan penandatanganan nota kesepahaman. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Dr Sudiyono MPd, kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) serta Kepala Bidang Litbang Barenlitbangda Kota Batu Hery Widodo saat melakukan penandatanganan nota kesepahaman. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) melalukan penandatanganan nota kesepahaman pengadaan melalui swakelola dengan Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Barenlitbangda) Kota Batu. Hal ini menindaklanjuti memorandum of understanding (MoU) sebelumnya antara rektor Unikama dan wali kota Batu.

Dr Sudiyono MPd, kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unikama, menjelaskan bahwa pada nota kesepahaman itu, salah satu kegiatan yang difokuskan adalah kajian budaya khas Kota Batu.

Baca Juga : Jawab Tantangan di Era Disrupsi, AP3KnI Jatim Gelar Webinar dan Musyawarah Wilayah II

Budaya adat istiadat khas Kota Batu diteliti dan nantinya diangkat menjadi sebuah hal yang menarik. Hal itu kemudian dimunculkan untuk menjadi daya tarik orang lebih mengenal Kota Batu bukan sebagai kota wisata buatan maupun alam, tapi juga mengenal Kota Batu sebagai kota yang punya budaya khas.

"Kami berharap, kegiatan yang kami lakukan bisa sesuai dengan apa yang diharapkan Pemkot Batu dan juga menjadi sebuah sumbangsih kami untuk pembangunan Kota Batu. Semoga kerja sama ini bisa langgeng, bisa kita tindak lanjuti  dengan kegiatan lain," kata Sudiyono.

Sementara itu, Kepala Bidang Litbang Barenlitbangda Kota Batu Hery Widodo menambahkan,   kajian pengembangan budaya adat khas Kota Batu tertuang dalam dokumen perencanaan pada 2021.

Potensi budaya khas Kota Batu tentunya bisa dikaji dan diteliti lebih lanjut lagi. Itu tentunya selain semakin mengenalkan Kota Batu untuk kesejahteraan masyarakat.

"Bagaimana mengenalkan karakter Batu masih jadi potensi yang harus dimunculkan. Ya seperti Bali, secara karakter budaya lokal bisa ditunjukkan dan menjadi daya tarik. Jadi, orang mengenal bukan wisata buatan dan alam saja, tapi karakteristik dan  budaya lokalnya," bebernya.

Diangkatnya budaya, yang itu nantinya berimbas pada kemajuan pariwisata, tentunya juga diharapkan bisa mendongkrak sektor lainnya, seperti UMKM maupun sektor pertanian.

Baca Juga : Unikama Gelar Talkshow Kilau Permata Sakti, Pesertanya Mahasiswa dari Aceh Sampai Papua

Sebelumnya, Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Batu. Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan MoU yang dilakukan di Balai Kota Among Tani, Kota Batu, Rabu (11/11/2020).

Jalinan kerja sama ini dilakukan agar Unikama bisa berkontribusi lebih dan turut serta melakukan pembangunan daerah, khususnya di Kota Batu. Karena itu, terjalinnya MoU secara resmi ini dijadikan sebagai dasar atau payung hukum sehingga Unikama bisa memberikan kontribusi yang lebih bermanfaat lagi.

Kesepakatan kerja sama antara Unikama dengan Pemerintah Kota Batu kali ini dilakukan untuk bidang pembangunan daerah yang dijabarkan dalam ruang lingkup kesepakatan bersama.

Bidang-bidang yang akan disentuh meliputi urusan pendidikan, penelitian dan pengembangan, perencanaan umum, perumusan kebijakan pemerintah, pengkajian dan pengabdian kepada masyarakat, pendampingan tenaga ahli serta peningkatan SDM aparatur negara.

Topik
Kota BatuUniversitas Kanjuruhan Malang (Unikama)Barenlitbangda

Berita Lainnya

Berita

Terbaru