Malangtimes

Pasangan Lathifah Unggul di 17 Kecamatan, tapi Perolehan Suaranya Kalah dari Pasangan Sanusi

Dec 13, 2020 18:38
Penghitungan surat suara di salah satu TPS yang ada di Gondanglegi, Rabu (9/12/2020). (Foto: Ashaq Lupito/MalangTimes) 
Penghitungan surat suara di salah satu TPS yang ada di Gondanglegi, Rabu (9/12/2020). (Foto: Ashaq Lupito/MalangTimes) 

MALANGTIMES - Rekapitulasi yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang dan disajikan di Pilkada2020.kpu.go.id hari Minggu (13/12/2020) pukul 16.57 WIB sudah amencapai 64,09 persen. Persentase tersebut menunjukkan 3.204 dari 4.999 TPS (Tempat Pemungutan Suara).

Dari rekapitulasi tersebut, Pasangan Calon (paslon) Nomor Dua,  Lathifah Shohib-Didik Budi Muljono (LaDub) berhasil unggul di 17 kecamatan dari 33 kecamatqan di Kabupaten Malang. Di antaranya Kecamatan Bantur, Pagak, Ampelgading, Poncokusumo, Wajak, Turen, Sumberpucung, Kepanjen, Bululawang, Tumpang, Jabung, Pakisaji, Karangploso, Singosari, Lawang, Tirtoyudo dan Kromengan. 

Namun tampaknya keunggulan di 17 kecamatan ini juga menjadi catatan karena jumlahnya menurun dibandingkan dengan data pada hari Sabtu (12/12/2020) yang di mana Paslon LaDub berhasil unggul di 18 kecamatan. Untuk data hari ini berkurang di Kecamatan Gedangan. 

Terlebih lagi jumlah persentase perolehan suara sementara untuk Paslon LaDub juga tampak turun 0,1 persen dari data pagi tadi (13/12/2020) yang sekarang menunjukkan persentase sebesar 42,7 persen atau memperoleh 318.414 suara. 

Sementara itu, di posisi kedua ada Paslon nomor satu yakni Sanusi-Didik Gator Subroto (SanDi) yang unggul di 16 kecamatan yang ada di Kabupaten Malang. Di antaranya ada Kecamatan Donomulyo, Sumbermanjing Wetan, Dampit, Gondanglegi, Kalipare, Tajinan, Pakis, Ngajum, Wagir, Dau, Pujon, Ngantang, Kasembon, Gedangan, Wonosari dan Pagelaran. 

Unggul di 16 kecamatan merupakan peningkatan yang diraih Paslon SanDi. Pasalnya merujuk pada data hari Sabtu (12/12/2020) pukul 18.27 WIB, Paslon SanDi unggul di 15 kecamatan dan saat ini bertambah menjadi 16 kecamatan. 

Terlebih lagi persentase perolehan suara sementara Paslon SanDi juga mulai menguat kembali di angka 0,2 persen, setelah tadi sempat di angka 44,9 persen, namun dari data terbaru persentase Paslon SanDi saat ini sebesar 45,1 persen atau memperoleh 336.315 suara. 

Sedangkan untuk Paslon nomor tiga yakni Heri Cahyono-Gunadi Handoko (HC-GH) di 32 kecamatan menempati posisi ketiga dan untuk di Kecamatan Kasembon menempati urutan kedua. Terkait persentasenya, Paslon HC-GH mendapatkan angka 12,2 persen atau memperoleh 91.335 suara. 

Berdasarkan data rekapitulasi perolehan suara sementara tersebut, Juru Bicara Media Center Paslon LaDub, Anas Muttaqin mengungkapkan bahwa terkait hasil tersebut pihaknya memilih menunggu hasil final dan pengumuman resmi dari KPU Kabupaten Malang.  "Ini kan belum final dan masih rekapitulasi sementara. Dari pihak Paslon LaDub memilih untuk menunggu hasil final dan pengumuman resmi dari pihak KPU Kabupaten Malang," ungkapnya. 

Sementara itu, untuk Ketua Tim Kampanye Malang Makmur sebagai pengusung Paslon SanDi yakni Darmadi mengatakan  bahwa pihaknya hingga sampai saat ini berkeyakinan Paslon SanDi akan unggul hingga akhir rekapitulasi dan ditetapkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Malang terpilih. 

"Kami yakin dari awal Paslon SanDi akan terus unggul. Saat ini semua relawan dan tim sedang mengawal rekapitulasi di tingkat kecamatan hingga di tingkat kabupaten," jelasnya. 

Sedangkan Calon Bupati Malang Heri Cahyono menuturkan dalam video di akun instagram pribadinya bahwa saat ini pihaknya meskipun belum diizinkan untuk mewujudkan konsep Jejeg untuk Kabupaten Malang dari dalam pemerintahan, seluruh relawan masih akan tetp mengawal dab memantau proses rekapitulasi hingga di tingkat kabupaten. 

"Saat ini seluruh relawan yang berada di garda terdepan sedang memantau dan mengawal proses rekapitulasi hingga nantinya terdapat hasil resmi dan penetapan dari KPU Kabupaten Malang," tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru