Tips Atasi Token Listrik yang Gagal Terus dan Cara Pengaduan Keluhan ke PLN

Dec 11, 2020 15:18
PLN (foto: pln)
PLN (foto: pln)

MALANGTIMES - PLN memiliki dua metode dalam pembayaran listrik, yakni pra bayar (token listrik) dan pasca bayar.

Saat ini banyak rumah-rumah baru yang memilih untuk menggunakan listrik pra bayar (token listrik). Penggunaan token listrik memang lebih mudah karena tak perlu ke kantor PLN untuk membayar pada setiap bulannya.

Baca Juga : Astra Financial Tambah Vitamin Pengetahuan ke 500 Kepala Cabang

Hanya cukup membeli pulsa listrik, lantas saluran listrik pun sudah bisa digunakan. Namun di balik kemudahan dan kepraktisan penggunaan listrik pra bayar, ada kalanya saat mengisi token PLN justru gagal terus sehingga menimbulkan masalah atau error pada aliran lsitrik. Bisa dibayangkan jika alarm yang menandakan angka kWH mencapai limit tentu akan membuat berisik.

Lantas apa penyebab token PLN gagal terus?  

Terdapat beberapa faktor yang membuat proses pengisian token PLN gagal terus yakni:  

1. Terjadi masalah pada server atau eror

Langkah terbaik ialah menunggu hingga server kembali normal. Agar token bisa masuk ke meter digital.  

Salah ID meter, dimana ID meter bersifat unik dan token yang sudah dibeli terhubung dengan ID meter, sehingga jika salah dalam order dan hal itu dinyatakan valid oleh server maka kemungkinan token tidak bisa masuk ke ID meter. Oleh karena itu pastikan bahwa order Anda sesuai dengan ID meter agar token PLN tidak gagal.

2. Pemasangan instalasi listrik tidak tepat

Pemasangan instalasi listrik yang asal-asalan bisa menimbulkan masalah. Selain kegagalan saat memasukkan kode token, hal ini juga menimbulkan risiko yang membahayakan seperti korsleting. Tentunya jika hal ini terjadi, anda harus segera menghubungi PLN.

3. Ada masalah di meter prabayar

Permasalahan yang muncul pada meter Prabayar, diantaranya adalah jika melihat tulisan “Periksa”, “Cancel”, Logo Relay lepas, Tangan Dadah, Blocked, CTL bahkan Meter mati, maka sebaiknya segera hubungi PLN 123 dan menjelaskan kondisi tersebut, karena jika tidak bisa dipastikan Anda tidak akan pernah bisa mengisi token PLN.

4. Salah masukkan token listrik

Kesalahan dalam memasukkan token listrik bisa menyebabkan token PLN gagal, hal ini dikarenakan token tersebut bersifat unik sehingga harus sesuai. Kemungkinan salah yakni ketika memasukkan jumlah digit saat menekan keypadnya, bisa saja digit yang dimasukkan kurang atau bahkan lebih. Dan jangan sampai token tersebut dimasukkan selama tiga kali maka akan diblocked secara otomatis.  

5. kWh over limit

Dalam waktu satu bulan jumlah yang telah dimasukkan melebihi batas maksimal, maka hal ini bisa menyebabkan terjadinya kegagalan token PLN karena kemungkinan kWh over limit. Kondisi ini dimaksudkan agar sebagai pengguna energi listrik bisa menggunakan listrik sesuai dengan limit yang ada.  

Dalam kehidupan sehari-hari, tak jarang kita mengalami gangguan atau hal-hal yang tidak diinginkan terkait pemakaian listrik.  Selain kesulitan mengisi token PNL, gangguan lain pada listri seperti seringnya mati listrik.

Baca Juga : Tips Anti Gagal, Begini Cara Trading Forex Bagi Pemula

Perlu diketahui kehidupan kita sangat bergantung pada listrik. Bila terjadi masalah terkait listrik, maka bisa mengganggu kelancaran pekerjaan atau kegiatan sehari-hari. Namun tak perlu khawatir jika mengalami gangguan listrik, karena pengguna bisa melakukan pengaduan keluhan PLN online.

Nah penasaran seperti apa caranya? Simak langkah berikut ini:  

1. Cara pengaduan keluhan PLN online

Saat ini tak perlu repot datang ke kantor PLN saat mengalami gangguan listrik. Pengaduan bisa dilakukan melalui website PLN yakni dengan cara pilih menu kontak, isi formulir lengkap dan benar kemudian ajukan. Dengan itu maka pengaduan akan segera diproses.  

Selain melalui website PLN, pengaduan keluhan PLN online juga bisa dilakukan melalui media sosial seperti Facebook PLN 123, Twitter @pln_123 dan alamat email [email protected]  

Selain itu ada pula layanan kontak PLN 123 yang memberikan layanan 24 jam.  

Ada pula aplikasi PLN yaitu Aplikasi Pengaduan dan Keluhan Pelanggan (APKT) serta Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T).

2. Cara pengaduan lewat telepon

Jika dalam situasi gangguan listrik, Anda dapat melakukan pengaduan lewat telepon dengan nomor pengaduan PLN 123. Bila Anda melakukan panggilan lewat ponsel maka harus menyertakan kode area lebih dahulu supaya bisa tersambung dengan operator.  

Jadi formatnya adalah kode area+123, barulah dapat terhubung dengan PLN. Ikuti petunjuk dari operator dan Anda bisa langsung mengajukan keluhan.

 

 

Topik
token plnPerusahaan Listrik Negara (PLN)pln onlinetoken pln gagalgangguan listrikpln 123tips token pln gagal

Berita Lainnya

Berita

Terbaru