Pasangan Lathifah-Didik Unggul di Wilayah Kabupaten Malang Bagian Timur

Dec 10, 2020 17:00
Calon Bupati Malang, Lathifah Shohib saat menyapa masyarakat Kabupaten Malang ketika masa kampanye. (Foto: Dok. Malang Bangkit) 
Calon Bupati Malang, Lathifah Shohib saat menyapa masyarakat Kabupaten Malang ketika masa kampanye. (Foto: Dok. Malang Bangkit) 

MALANGTIMES - Rekapitulasi perolehan suara yang dilakukan oleh KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kabupaten Malang terus berjalan. Hasil rekapitulasi perolehan suara di aplikasi Si Rekap (Sistem Rekapitulasi) ini menunjukkan Pasangan Calon (Paslon) Lathifah Shohib-Didik Budi Muljono (LaDub) unggul di wilayah Malang Timur atau Daerah Pemilihan (dapil) Tujuh.

Dapila Tujuh meliputi Kecamatan Tajinan, Kecamatan Tumpang, Kecamatan Poncokusumo, Kecamatan Jabung dan Kecamatan Wajak. 

Berdasarkan data pada Pilkada2020.kpu.go.id pada hari Kamis (10/12/2020) pukul 15.27 WIB, menunjukkan data yang terus berubah. Di antaranya, Kecamatan Tajinan yang memiliki 12 desa, rekapitulasi datanya telah mencapai 56,44 persen. 

Dari data tersebut menunjukkan keunggulan bagi Paslon Sanusi-Didik Gatot Subroto (SanDi) sebesar 45,4 persen atau sama dengan 6.834 suara. Sedangkan Paslon LaDub mendapatkan perolehan suara sebesar 6.652 atau 44,2 persen. Untuk Paslon Heri Cahyono-Gunadi Handoko (HC-GH) hingga sampai saat ini hanya mampu mengumpulkan 1.572 suara atau 10,4 persen. 

Selain di Kecamatan Tajinan, empat wilayah lainnya telah dikuasai oleh Paslon LaDub. Di antaranya, Kecamatan Tumpang yang memiliki 15 desa, data rekapitulasi yang telah masuk sebesar 34,69 persen. 

Dari masuknya data sementara tersebut, Paslon LaDub unggul dari dua Paslon lainnya yakni memperoleh 5.568 suara atau 47,7 persen. Sementara untuk Paslon SanDi memperoleh 4.752 suara atau 40,7 persen. Sedangkan untuk Paslon HC-GH memperoleh 1.357 suara atau 11,6 persen. 

Selain di Tumpang, wilayah selanjutnya yang menjadi daerah kemenangan Paslon LaDub yakni Kecamatan Poncokusumo yang memiliki 17 desa di dalamnya. Dari data masuk yang telah mencapai 74,16 persen, Paslon LaDub kembali memimpin telak dengan perolehan suara sebesar 16.661 suara atau 49,3 persen. 

Di posisi kedua terdapat Paslon SanDi yang memperoleh suara sebesar 14.598 suara atau 43,2 persen. Sedangkan di posisi terakhir Paslon HC-GH mendapatkan suara sebanyak 2.547 suara atau 7,5 persen. 

Selain itu di Kecamatan Jabung yang memiliki 15 desa meskipun data yang masuk masih sekitar 9,59 persen, namun Paslon LaDub telah memimpin dengan perolehan suara sebesar 1.524 suara atau 47,7 persen. Sementara Paslon SanDi telah memperoleh suara sebesar 1.382 suara atau 43,2 persen. Sedangkan Paslon HC-GH memperoleh suara sebanyak 291 suara atau 9,1 persen. 

Dan yang terakhir yakni Kecamatan Wajak yang memiliki 13 desa terjadi persaingan yang sangat ketat antar Paslon LaDub dengan Paslon SanDi. Data yang masuk sudah mencapai 44,10 persen dan Paslon LaDub memimpin dengan perolehan suara sebesar 8.810 suara atau 47,7 persen. 

Sementara untuk Paslon SanDi memperoleh suara sebesar 7.623 suara atau 44,5 persen. Sedangkan untuk Paslon HC-GH memperoleh suara sebanyak 1.337 atau 7,8 persen. 

Perkembangan data suara dalam rekapitulasi perolehan suara sementara dalam Pilkada Kabupaten Malang 2020 terus berjalan dan terus menunjukkan hasil yang berbeda di setiap jamnya. 

Menanggapi hasil rekapitulasi perolehan suara yang terus berubah dan beberapa wilayah menunjukkan Paslon LaDub unggul, Juru Bicara Paslon LaDub, Anas Muttaqin mengungkapkan bahwa pihaknya tidak akan berpuas diri dan akan terus mengawal proses rekapitulasi suara yang terus berjalan berjenjang hingga ke tingkat kabupaten. 

"Iya kan berjenjang (rekapitulasi suara, red). Tim akan kita kerahkan untuk mengawal dari tingkat PPS (Panitia Pemungutan Suara, red), PPK (Panitia Penyelenggara Kecamatan, red) hingga rekapitulasi di tingkat KPU Kabupaten Malang," ungkapnya. 

Pihaknya hingga sampai saat ini juga masih berpegangan pada hasil Quick Count SMRC (Saiful Mujani Research Consulting) yang menunjukkan hasil keunggulan Paslon LaDub sebesar 44,09 persen dengan partisipasi pemilih sebesar 60,85 persen. Sedangkan untuk Paslon SanDi sebesar 43,75 persen dan Paslon HC-GH sebesar 12,16 persen. 

Sementara itu, Ketua Tim Kampanye Malang Makmur sebagai pengusung Paslon SanDi yakni Darmadi mengatakan bahwa pihaknya sampai saat ini masih menunggu hasil rekapitulasi final dan resmi dari KPU Kabupaten Malang. 

"Dari hasil rekapitulasi faktual berbasis TPS yang dilakukan oleh tim internal, Paslon SanDi unggul. Itu yang sementara ini kita pakai sebagai dasar dan pegangan bahwa suara Paslon SanDi unggul dari paslon lainnya," tutupnya.

Topik
Pilkada Kabupaten Malanglathifah shohib

Berita Lainnya

Berita

Terbaru