Data di Grup WA, Paslon LaDub Kalahkan Paslon SanDi di Dapil 6

Dec 10, 2020 15:38
Calon Bupati Malang, Lathifah Shohib saat bertemu masyarakat ketika masa kampanye. (Foto: Dok. Malang Bangkit) 
Calon Bupati Malang, Lathifah Shohib saat bertemu masyarakat ketika masa kampanye. (Foto: Dok. Malang Bangkit) 

MALANGTIMES - Terdapat beberapa data rekapitulasi perolehan suara yang hampir dipastikan bukan dari KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kabupaten Malang beredar luas di grup-grup WhatsApp atau chat perseorangan. 

Dalam data tersebut, tampak Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Malang nomor urut dua yakni Lathifah Shohib-Didik Budi Muljono (LaDub) dapat mengalahkan Paslon Sanusi-Didik Gatot Subroto (SanDi) di daerah pemilihan (dapil) enam. Sedangkan untuk Paslon Heri Cahyono-Gunadi Handoko telah tertinggal jauh oleh kedua paslon lainnya. 

Baca Juga : Pagi Ini, Real Count di Website KPU, Paslon SanDi Unggul 45,5 Persen

 

Dapil enam sendiri meliputi tiga wilayah besar yakni Kecamatan Lawang, Kecamatan Pakis dan Kecamatan Singosari. Di mana dari data yang diterima media ini terdapat 167.046 suara sah yang telah direkapitulasi. 

Dalam pantauan media online ini, pada data tersebut disebutkan bahwa paslon LaDub lebih unggul dari paslon petahana maupun paslon perseorangan dengan persentase 42,86 persen atau sama dengan memiliki total suara di dapil enam ini sebanyak 71.592 suara. 

Dari tiga kecamatan yang berada di dapil enam tersebut, paslon LaDub di Kecamatan Lawang memperoleh 19.455 suara, di Kecamatan Pakis memperoleh 22.812 suara dan di Kecamatan Singosari memperoleh 29.325 suara. 

Jika data rekapitulasi perolehan suara tersebut memang benar adanya, keunggulan di dapil enam, khususnya di Kecamatan Singosari, merupakan sebuah prestasi bagi paslon LaDub. Karena lokasi tersebut memiliki nilai sejarah yang tinggi di Kabupaten Malang serta terlebih lagi rumah kediaman dari Calon Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto yang mendampingi sosok petahana yakni di Singosari. 

Sedangkan berdasarkan data rekapitulasi perolehan suara tersebut, untuk paslon SanDi hanya dapat unggul di Kecamatan Pakis yakni dengan perolehan suara sebesar 26.220 suara. Untuk di Kecamatan Lawang, paslon SanDi memperoleh suara 16.930 suara dan di Kecamatan Singosari paslon SanDi memperoleh 25.449 suara. 

Sedangkan untuk paslon HC-GH yang telah tertinggal jauh, baik dari quick count, real count dari website KPU, maupun data yang beredar di grup-grup WhatsApp, pihaknya mendapatkan perolehan suara sebesar 26.855 dari dapil enam. 

Menanggapi hasil data rekapitulasi perolehan suara yang beredar luas di grup-grup WhatsApp tersebut, Juru Bicara Paslon LaDub Anas Muttaqin mengatakan, bahwa pihaknya untuk sementara ini akan berpegang dengan hasil quick count yang dilakukan SMRC (Saiful Mujani Research Consulting) dan telah dirilis. 

Dalam rilisnya, pihak SMRC menyebutkan bahwa paslon LaDub menunjukkan perolehan persentase sebesar 44,09 persen dengan partisipasi masyarakat 60,85 persen. 

Baca Juga : Unggul Quick Count SMRC 44,09%, Cabup Lathifah Shohib: Terima Kasih pada Seluruh Pihak

 

"Kita tetap yakin dan berpedoman pada hasil quick count kita, sambil menunggu proses real count dan penghitungan resmi KPU. Makanya mari kita kawal dan awasi bersama-sama proses penghitungan KPU," jelasnya saat dikonfirmasi pewarta, Kamis 10/12/2020). 

Sementara itu, Ketua Tim Kampanye Malang Makmur yang mengusung Paslon SanDi yakni Darmadi mengatakan, terkait rekapitulasi perolehan suara dari data yang tersebar di grup WhatsApp tersebut, khususnya di Kecamatan Singosari yang notabene merupakan kediaman dari Calon Wakil Bupati Didik Gatot Subroto, pihaknya sudah memprediksi sebelumnya. 

"Saya kira nggak ada masalah. Karena itu juga sudah sesuai prediksi kita sejak awal," ujar pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris DPC PDI Perjuangan ini. 

Sebagai informasi, bahwa berdasarkan hasil quick count yang dilakukan oleh SMRC, paslon LaDub memiliki persentase perolehan suara sebesar 44,09 persen. Paslon SanDi memiliki persentase sebesar 43,75 persen dan paslon HC-GH sebesar 12,16 persen. 

Sementara itu, JIP (Jaringan Isu Publik) bersama LSI (Lingkaran Survei Indonesia) Denny JA juga telah merilis hasil quick count dengan tingkat partisipasi pemilih sebesar 57,81 persen yang menunjukkan paslon SanDi 45,99 persen, paslon LaDub 41,60 persen dan paslon HC-GH 12,41 persen.

Topik
dapil enam kabupaten malangPaslon Sandipaslon ladub unggulhasil suara pilkada kabupaten malangPilkada Kabupaten Malang 2020

Berita Lainnya

Berita

Terbaru