SIMOLI Tanggap Covid, Cara Puskesmas Rampal Celaket Monitoring Masyarakat Hidup Sehat

Dec 09, 2020 16:02
Petugas Promosi Kesehatan (Promkes) Puskesmas Rampal Celaket Non ASN, Shinta Trinovia Kumalasari. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Petugas Promosi Kesehatan (Promkes) Puskesmas Rampal Celaket Non ASN, Shinta Trinovia Kumalasari. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Berbagai upaya untuk terus menerapkan hidup sehat di kalangan masyarakat Kota Malang masih terus digencarkan. Terlebih, masa pandemi Covid-19 kondisi tubuh yang sehat harus tetap dijaga agar tidak terpapar virus.

Salah satunya, yang dilakukan Puskesmas Rampal Celaket dengan menghadirkan SIMOLI (Sistem Monitoring Limbah) Tanggap Covid. Dalam hal ini, petugas kesehatan akan melakukan monitoring terhadap kondisi limbah rumah tangga di setiap warganya sebagai upaya kebersihan lingkungan.

Baca Juga : Penuh, Pemkot Malang Belum Ada Rencana Tambah Bed di Rumah Isolasi Covid-19

Petugas Promosi Kesehatan (Promkes) Puskesmas Rampal Celaket Non ASN Shinta Trinovia Kumalasari, mengatakan, inovasi tersebut dengan mewajibkan khususnya pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan tengah menjalani isolasi mandiri di rumah. Yakni, untuk selalu mengirimkan kegiatan keseharian yang berkaitan dengan kebersihan lingkungan.

Sebab, salah satu upaya mencegah virus yang masuk dan menyebar adalah dengan memastikan kondisi rumah tetap terjaga kebersihannya.

"Kami buat monitoring itu wajib diisi sama orang yang konfirmasi positif. Jadi kalau mereka buang sampah, melakukan disinfeksi itu semua terdokumentasi dan harus dikirim setiap hari ke kami," ujarnya.

Hal tersebut menjadi salah satu langkah untuk meminimalisir kontak erat antar perorangan di masa pandemi Covid-19. Sehingga diharapkan masyarakat tetap secara mandiri menjalankan cara-cara pencegahan dengan hidup sehat dan menjaga kebersihan.

"Dulu awal pandemi memang permintaan warga, kami memantau dan untuk menenangkan warga dengan kami datang. Tapi, selama pandemi kan kita tidak bisa seperti itu, jadi sebisa mungkin kami kasih pengertian melalui inovasi itu," imbuhnya.

Baca Juga : Berbahaya, Sunat dengan Teknik Electrical Cauter Tidak Dianjurkan

Lebih jauh, kata Shinta, upaya untuk terus mengedukasi masyarakat mengenai penanganan Covid-19 juga masih digencarkan. Salah satunya, melalui penerapan MIKESLING (Media Informasi Kesehatan Keliling).

"Melalui MIKESLING masih terus dilakukan, jadi tim kesehatan membawa sebuah speaker khusus yang telah dirakit sedemikian rupa dan dibawa menyusuri jalanan di gang-gang kampung untuk mengedukasi warga agar tetap menerapkan protokol kesehatan," pungkasnya.

Topik
simoli tanggap covidpuskesmas rampal celaketMasyarakat Hidup Sehat

Berita Lainnya

Berita

Terbaru