Keluarga Positif Covid-19 Turut Serta dalam Salurkan Hak Suara

Dec 09, 2020 15:22
Petugas PPS Kelurahan Ardirejo bersama aparat kepolisian dan Bawaslu usai lakukan pemungutan suara di salah satu rumah warga yang sedang menjalani isolasi mandiri, Rabu (9/12/2010). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTimes) 
Petugas PPS Kelurahan Ardirejo bersama aparat kepolisian dan Bawaslu usai lakukan pemungutan suara di salah satu rumah warga yang sedang menjalani isolasi mandiri, Rabu (9/12/2010). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTimes) 

MALANGTIMES - Di tengah situasi dan kondisi pandemi Covid-19, satu keluarga yang sedang menjalani isolasi mandiri di kediamannya di Kelurahan Ardirejo, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, juga turut serta dalam menyalurkan hak suaranya dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Malang 2020. 

Ketua PPS (Panitia Pemungutan Suara) Kelurahan Ardirejo, Kecamatan Kepanjen, Muhammad Fairus mengungkapkan, bahwa saat pemungutan suara, juga memperhatikan protokol kesehatan Covid-19 dengan ketat dan mematuhi SOP (Standard Operational Procedure) dari KPU (Komisi Pemilihan Umum) RI. 

Baca Juga : Selain Rekap Manual, KPU Kabupaten Malang Gunakan Aplikasi Si Rekap

"Ya satu petugas dari PPS Kelurahan Ardirejo mendatangi kediaman satu keluarga tersebut dengan menggunakan APD (Alat Pelindung Diri, red) yakni hazmat, face shield, masker berlapis dan sarung tangan berlapis juga," ungkapnya saat ditemui awak media di TPS (Tempat Pemungutan Suara, red) 007, Ardirejo, Kepanjen, Rabu (9/12/2020). 

Fairus juga menuturkan, bahwa data-data warga yang tengah menjalani isolasi mandiri ia dapat dari pihak KPU Kabupaten Malang yang diturunkan ke jajaran PPK (Panitia Penyelenggara Kecamatan) hingga ke PPS di tingkat kelurahan atau desa. 

"Dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) kami menerima data isolasi mandiri dalam satu keluarga ada tujuh orang (konfirm positif Covid-19, red). Dari tujuh orang itu ada empat orang yang mempunyai hak pilih yang datanya sesuai dengan di TPS 07," terangnya. 

Selain di TPS 07, Fairus menuturkan, bahwa terkait daftar pemilih di wilayah Kelurahan Ardirejo yang sedang menjalani isolasi mandiri, terdapat di TPS 04. 

"Jadi, ada sembilan orang positif Covid-19 di Ardirejo yang ada di TPS 07 dan 04 dan yang mempunyai hak pilih sebanyak enam orang. Di TPS 04 ada dua orang. Jadi totalnya di Ardirejo itu ada sembilan orang pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri," jelasnya. 

Sementara itu, anggota KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) yang terjunkan bernama Tinton Alfi juga menuturkan, bahwa pihaknya sebenarnya juga merasa khawatir ketika bertemu dan kontak langsung dengan keluarga yang terkonfirmasi positif Covid-19. 

Baca Juga : Petugas KPPS Reaktif Covid-19 Didominasi dari Pasuruan dan Jember

"Sebenarnya saya juga khawatir. Tapi kalau nggak dilakukan kan bagaimana mereka (warga terkonfirmasi positif Covid-19, red) menyalurkan hak suaranya demi menegakkan prinsip demokrasi," ungkapnya. 

Tinton juga mengatakan, bahwa ini merupakan kewajibannya sebagai petugas KPPS untuk memberikan fasilitas kepada seluruh masyarakat yang terdaftar sebagai pemilih dalam Pilkada Kabupaten Malang 2020. 

"Ini merupakan kewajiban kami agar para pemilih tetap bisa menyalurkan aspirasinya pada Pilkada Kabupaten Malang ini," pungkasnya.

Topik
pemilih positif covidberita pilkada kabupaten malang 2020

Berita Lainnya

Berita

Terbaru