Ini Dia, Rahasia Awet Muda Para Ashabul Kahfi yang Dijelaskan Al-Qur'an

Dec 09, 2020 08:07
Ilustrasi (Istimewa).
Ilustrasi (Istimewa).

MALANGTIMES - Hidup awet muda selama ratusan tahun bagi sebagian orang tentu sangat mustahil. Namun dengan kebesaran Allah SWT, hidup awet muda bahkan setelah tertidur selama 300 tahun lamanya bukanlah hal yang tidak mungkin. Karena hal itu juga yang telah dijelaskan dalam Al-Qur'an.

Kisah tersebut menimpa sekelompok pemuda yang dikenal sebagai Ashabul Kahfi. Dilansir dari channel YouTube Islam Populer disebutkan jika kisah Ashabul Kahfi terjadi di sebuah gunung bernama Gunung Pion. 

Baca Juga : Kini Jadi Tempat Ibadah, Bangsa Jin Pertama Kali Memeluk Islam di Sini

 

Kisah tersebut menceritakan sekelompok pemuda beriman yang tengah bersembunyi dari kejaran raja yang kafir. Kisah para pemuda itupun telah diabadikan dalam Al-Qur'an.

Sebagaimana Allah SWT berfirman, "Sesungguhnya mereka itu adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada Tuhan mereka dan kami tambahkan kepada mereka petunjuk," (QS Al-Kahfi: 13).

Para pemuda beriman itu bersembunyi dari kejaran raja kafir. Para pemuda itu ditidurkan Allah SWT selama kurang lebih tiga abad. Allah SWT berfirman, "Dan kamu mengira mereka itu bangun, padahal mereka tidur. Dan kami balik-balikkan mereka ke kanan dan ke kiri. Sedang anjing mereka menjulurkan kedua lengannya di muka pintu gua. Dan jika kamu menyaksikan mereka, tentulah kamu akan berpaling dari mereka dengan melarikan diri dan tentulah (hati) kamu akan dipenuhi oleh ketakutan terhadap mereka," (QS Al-Kahfi: 18).

Para pemuda dibangunkan ketika masa kepemimpinan maha raja Theodosius II. Setelah bangun, para pemuda tersebut masih tetap muda seperti semula. Allah SWT menjaga para pemuda itu dengan sinar matahari yang terang dan kadar yang tepat. Rahasia awet mudanya para pemuda itupun dijelaskan dalam Al-Qur'an.

Allah SWT berfirman, "Dan kamu akan melihat matahari ketika terbit, condong dari gua mereka ke sebelah kanan, dan bila matahari terbenam, menjauhi mereka ke sebelah kiri, sedang mereka berada di tempat yang luas dalam gua itu. Itu adalah sebagian dari (tanda-tanda) kebesaran Allah SWT. Barang siapa diberi petunjuk oleh Allah SWT, maka dialah yang mendapat petunjuk. Dan barang siapa yang disesalkan-Nya, maka kamu tidak akan mendapatkan seorang pemimpin pun yang dapat memberi petunjuk kepadanya," (QS Al-Kahfi: 17).

Ibnu Katsir menjelaskan jika ayat tersebut menyampaikan jika sinar matahari tak menyinari para pemuda tersebut secara langsung. Selan itu, mereka berada di dalam gua yang luas dan memudahkan sirkulasi udara. 

Selain itu, para musafir menjelaskan jika bagian kiri tubuh Ashabul Kahfi mendapatkan sinar matahari pagi yang lembut. Sehingga tubuh mereka terhindar dari kadar basah dan pengap di dalam gua. Hal itu membuat para pemuda Ashabul Kahfi awet muda.

Baca Juga : Keutamaan Hari Jumat, Perlancar Rezeki hingga Gandakan Amal Ibadah

 

Berkaitan dengan kisah para pemuda beriman itu, disebutkan pula jika Allah SWT telah mengambil fungsi pendengaran mereka selama mereka tertidur. Sebagaimana firman Allah SWT yang berbunyi, "Kami tutup pendengaran mereka beberapa tahun dalam gua itu," (QS Al-Kahfi: 11).

Dimatikannya fungsi pendengaran itu, maka para pemuda itu bisa tertidur secara pulas. Itulah cara Allah SWT menjadikan para pemuda itu tertidur.

Dalam sebuah penelitian, disebutkan jika hal paling penting dalam pendengaran adalah otak. Selain itu, seluruh aktivitas dalam tubuh juga berpusat pada otak. Ketika tak ada sinyal yang masuk dari telinga, maka pertumbuhan organ tubuh berhenti.

Itu sebabnya, para pemuda itu tetap dalam kondisi muda. Allah SWT pun memelihara tubuh para pemuda tersebut selama 300 tahun dengan menghapus fungsi tubuhnya.

Setelah ratusan tahun tertidur, para pemuda itu dibangunkan. Sebagaimana firman Allah SWT yang berbunyi, "Kemudian kami bangunkan mereka, agar Kami mengetahui manakah di antara ke dua golongan itu yang lebih tepat dalam menghitung berapa lama mereka tinggal (dalam gua) itu," (QS Al-Kahfi: 12).

Topik
kisah inspiratif

Berita Lainnya

Berita

Terbaru