Masa Tenang, Panwascam Poncokusumo Temukan Dugaan Pelanggaran Politik Uang

Dec 08, 2020 21:46
Divisi Hukum dan Penindakan Panwascam Poncokusumo Kabupaten Malang Didik saat memberikan keterangan resminya, Selasa (8/12/2020). (Foto: Istimewa) 
Divisi Hukum dan Penindakan Panwascam Poncokusumo Kabupaten Malang Didik saat memberikan keterangan resminya, Selasa (8/12/2020). (Foto: Istimewa) 

MALANGTIMES - Pada masa tenang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Malang 2020, Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Poncokusumo berhasil menemukan dugaan pelanggaran money politics atau politik uang. Lokasi kejadian itu di Desa Karanganyar, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. 

Dalam laporannya, dugaan pelanggaran politik uang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab pada Senin (7/12/2020) sekitar pukul 23.40 WIB. Dugaan pelanggaran money politics tersebut merupakan laporan dari masyarakat. 

Divisi Hukum dan Penindakan Panwascam Poncokusumo Didik mengatakan bahwa  laporan pelanggaran dari masyarakat tersebut sudah ditindaklanjuti dan sekarang sedang diproses untuk pendalaman kasus.  "Barang bukti, penerima dan pemberi ditemukan. Sehingga syarat materil dan formil terpenuhi," ungkapnya dalam keterangan resminya, Selasa (8/12/2020). 

Setelah berkas-berkas materil maupun formil telah terpenuhi, Divisi Hukum dan Penindakan Panwascam Poncokusumo menindaklanjuti dengan menyerahkan laporan temuan dari masyarakat tersebut kepada Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) Kabupaten Malang. 

"Kami mengambil langkah sesuai perundang-undangan. Kami masukkan itu sebagai laporan form A kepada Bawaslu Kabupaten Malang," jelas Didik. 

Pelimpahan berkas yang memenuhi syarat materil dan formil ke Bawaslu Kabupaten Malang berdasarkan hasil rapat pleno di tingkat Panwascam Poncokusumo.  "Diketahui bahwa dugaan pelanggaran tersebut memenuhi unsur pelanggaran politik sehingga dapat dilakukan proses hukum selanjutnya," ujarnya. 

Didi menyatakan, maka dari itu, diputuskan untuk berlanjut ke proses di Bawaslu Kabupaten Malang terkait temuan dugaan pelanggaran money politics yang memang telah memenuhi unsur dan syarat materiil serta formil.

Topik
Pilkada Kabupaten MalangPemilihan Kepala DaerahMoney PoliticsPolitik Uang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru