Wali Kota Malang Positif Covid, Rumah Dinas Disemprot Disinfektan

Dec 05, 2020 19:35
Ilustrasi (Istimewa).
Ilustrasi (Istimewa).

MALANGTIMES - Rumah dinas Wali Kota Malang Sutiaji di kawasan Jalan Ijen disemprot disinfektan oleh tim Satgas Covid-19, Sabtu (5/12/2020). Upaya itu diambil untuk pencegahan sekaligus sesuai arahan protokol covid-19 yang telah ditetapkan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang Ali Mulyanto menjelaskan, penyemprotan tersebut sesuai dengan arahan yang ditetapkan dalam penanganan covid-19. Yakni, seluruh kawasan, terutama  tempat yang terindikasi covid-19, harus disterilkan. Hal itu untuk mencegah persebaran virus.

Baca Juga : Kondisi Terkini Wali Kota Malang dan Sekda setelah Terjangkit Covid-19

"Iya, dilakukan penyemprotan di semua sisi rumah dinas Pak Wali Kota. Itu sesuai protokol dan yang disemprot seluruh sisi rumah," katanya.

Penyemprotan tersebut dilakukan dengan menerjunkan dua tim. Tim pertama melakukan penyemprotan di area dalam rumah dan satu tim lagi menyemprotkan disinfektan di area luar rumah. Penyemprotan berlangsung kurang lebih 45 menit.

"Setiap hari kami dengan bantuan PMI dan relawan selalu melakukan penyemprotan karena banyak juga permintaan dari masyarakat," jelasnya.

Lebih jauh Ali menyampaikan upaya penyemprotan disinfektan rutin dilakukan di instansi dan pusat keramaian. Selain itu, penyemprotan selalu menyertai setiap proses pemakaman jenazah yang terkonfirmasi positif covid-19. Masyarakat juga bisa menghubungi BPBD Kota Malang jika menginginkan wilayahnya disemprot disinfektan.

Selain itu, masyarakat terus diedukasi agar selalu menjaga kebersihan lingkungannya sehingga virus tidak mudah bersarang. Sosialisasi dan edukasi bukan hanya dilakukan dengan mendatangi masyarakat, melainkan juga memanfaatkan platform media sosial.

Ali berpesan agar masyarakat Kota Mang tetap memperhatikan protokol kesehatan. Sebab, kasus konfirmasi positif covid-19 masih ada hingga saat ini. Upaya yang harus dilakukan masyarakat adalah 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak aman, serta mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun.

Baca Juga : Enam ASN Pemkot Malang Positif Covid-19

"Dan terus menjaga kesehatan agar imun dan stamina terjaga karena covid-19 ini menyerang imun. Makan makanan bergizi, senantiasa berolahraga, dan selalu terapkan protokol kesehatan," pungkas Ali.

Sebelumnya, upaya penyemprotan juga dilakukan di kawasan Balai Kota Malang. Langkah pencegahan tersebur diambil pasca-Wali Kota Malang Sutiaji dinyatakan positif covid-19. 

 

Topik
Berita MalangWali Kota Malang SutiajiCovid 19

Berita Lainnya

Berita

Terbaru