Kasat Pol PP, Kota Batu M. Nur Adhim saat ditemui, Jumat (4/12/2020)
Kasat Pol PP, Kota Batu M. Nur Adhim saat ditemui, Jumat (4/12/2020)

MALANGTIMES - Pelanggar Protokol Kesehatan (Prokes) yang terjaring razia di Kota Batu sangat banyak. Berdasarkan catatan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemerintah Kota Batu selama tiga bulan terakhir, mulai dari bulan September sampai November, terdapat 4.009 pelanggar.  

Kepala Satuan Pol PP, Kota Batu M. Nur Adhim menyebutkan 4.009 pelanggar itu rinciannya tidak memakai masker 2.637 orang, pelanggar tidak menggunakan masker secara benar 1.033 orang, dan pelanggar tidak menerapkan Physical Distancing 339 orang.

Baca Juga : 2 Perempuan Dicokot, Pelajar Pasuruan Akhirnya Diringkus Polisi

 

Pelanggaran ditemukan saat dilakukan penertiban dalam rangka penegakan protokol Covid-19 di Kota Batu. Penertiban akan terus dilaksanakan setiap hari bersama jajaran TNI/Polri, BPBD, Dishub dan Dinkes. Pelaksanaanya dilakukan sehari dua kali yakni siang dan malam. "Kami tetap menyisir tempat-tempat keramaian. Dan tetap selalu mengingatkan dan mengedukasi masyarakat serta memberikan masker," kata Nur Adhim, Jumat (4/12/2020).

Dia menjelaskan, kegiatan penertiban dan pemberian masker itu untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat pentingnya pemakaian masker. "Pemberian masker bukan berarti hanya dipakai hari ini saja, tetapi sebagai peringatan bahwa setiap hari harus dipakai dan pentingnya memakai masker di masa-masa pandemi ini," harapnya.

Dalam kesempatan itua, dia menambahkan, dari sebanyak 4.009 pelanggar itu juga dilakukan tindakan Tindak Pidana Ringan (Tipiring). "Yang kena Tipiring sejumlah 213 orang, dengan total denda sebesar Rp 6 juta," paparnya.