Kasat Lantas Polres Malang, AKP Ady Nugroho saat ditemui awak media beberapa waktu lalu. (Foto: Dok. JatimTimes) 
Kasat Lantas Polres Malang, AKP Ady Nugroho saat ditemui awak media beberapa waktu lalu. (Foto: Dok. JatimTimes) 

MALANGTIMES - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Malang menyiapkan beberapa skema pengaturan lalu lintas  menghadapi momentum libur Natal dan tahun baru (nataru).  Tujuannya, mengurai kemacetan di beberapa titik rawan kemacetan di wilayah Kabupaten Malang. 

Kasat Lantas Polres Malang AKP Ady Nugroho mengungkapkan bahwa akan menyiapkan beberapa pos pengamanan dan pos pelayanan untuk memonitor arus kendaraan yang keluar dan masuk ke wilayah Kabupaten Malang. 

"Kami menyiapkan 4 pos keamanan dan 1 pos pelayanan di seluruh Kabupaten Malang. Pos pelayanan ada di Karanglo. Pos pengamanan ada di Kepuharjo, di JLS (Jalur Lintas Selatan, red), kemudian ada di Kepanjen dan di Sengkaling," ungkapnya, Kamis (3/12/2020). 

Masing-masing pos pengamanan dan pos pelayanan yang telah dipersiapkan oleh Satlantas Polres Malang memiliki fungsi utama untuk mengurai kemacetan. "Termasuk juga di jalur selatan menuju pantai, itu juga kami dirikan pos di sana," terangnya. 

Ady mengatakan bahwa sejauh ini masih terus dilakukan persiapan masing-masing personel gabungan. Operasi pengamanan lalu lintas Nataru akan mulai digerakkan pada  21 Desember 2020. 

Selain itu, untuk pengamanan, di setiap pos akan dikerahkan personel gabungan dari beberapa intansi. Antara lain TNI, Polri, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja, dan Jasa Marga.  "Personel yang dilibatkan 271 orang," sebutnya. 

Untuk penempatan personel, Ady menjelaskan ada yang ditempatkan di pos, ada yang standby di polres, ada juga yang sebagai tim pengurai kemacetan.

Diharapkan dengan adanya penempatan personel gabungan untuk menjaga keamanan, ketertiban dan kenyamanan dalam berlalu lintas di beberapa pos pengamanan dan pos pelayanan, angka kemacetan di Kabupaten Malang dapat berkurang serta juga dapat terurai.