Para personel Satgas DPUPRPKP Kota Malang saat melakukan normalisasi di kawasan Jalan Raya Langsep (DPUPRPKP Kota Malang for MalangTIMES)
Para personel Satgas DPUPRPKP Kota Malang saat melakukan normalisasi di kawasan Jalan Raya Langsep (DPUPRPKP Kota Malang for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Satgas Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang, kembali turun ke lapangan melakukan normalisasi saluran drainase. Kali ini, saluran drainase di kawasan Jalan Raya Langsep, Kecamatan Sukun, Kota Malang menjadi sasarannya. Di sana, lagi-lagi Satgas DPUPRPKP Kota Malang mendapati sampah-sampah yang didominasi dengan styrofoam maupun sampah plastik.

Masih banyak ditemukannya sampah-sampah di saluran drainase, membuat Kepala DPUPRPKP Kota Malang geleng kepala. Ya karena masih saja ada perilaku sebagian masyarakat yang membuang sampah sembarang, terlebih lagi pada drainase.

Baca Juga : Keruk Sendimen di Sungai Kawasan Galunggung dengan Alat Berat, Petugas Temukan Closet

 

"Itu sangat mempengaruhi aktivitas masyarakat dan tentunya juga sangat merugikan. Dampaknya bisa luas, termasuk pada segi kesehatan yang tentu akan kena imbas," jelas Hadi Santoso, Kepala DPUPRPKP Kota Malang, Selasa (1/12/2020).

Lanjutnya, perilaku buang sampah sembarang, khususnya pada saluran drainase, juga berimbas pada potensi genangan yang akan sering terjadi. Dan kendati upaya mengatasi genangan terus dilakukan, namun hal tersebut tidak akan pernah selesai jika perilaku buang sampah sembarangan yang dilakukan  oknum masyarakat  masih terus dilakukan.

"Kalau masih ada saja yang terus membuang sampah di saluran, tidak akan pernah bisa bebas dari genangan. Makanya sekali lagi, kesadaran masyarakat sangat dibutuhkan," bebernya.

Sementara itu, sampah yang diangkut oleh personel Satgas DPUPRPKP Kota Malang, dari saluran drainase di kawasan Jalan Raya Langsep tersebut, menimbulkan pemandangan yang cukup miris. Sampah tersebut terkumpul menggunung dan jika diangkut nyaris mencapai satu truk pikap.

Sebelumnya, pascacurah hujan deras yang mengguyur Kota Malang (29/11/2020), Satgas Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) hari ini (30/11/2020) melakukan normalisasi di kawasan Jalan Soekarno Hatta, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.

Baca Juga : Lagi-Lagi, Normalisasi Saluran Air Panen Sampah Setara 1 Bak Mobil Pickup

 

Para personel Satgas DPUPRPKP melakukan normalisasi saluran air tepatnya di depan Warung Ayam Bawang Cak Per. Dalam kegiatan normalisasi tersebut, personel Satgas DPUPRPKP lagi-lagi mendapati tumpukan sampah yang menyumbat saluran air. Tak pelak, saat hujan deras kemarin, air akhirnya meluap hingga meluber ke jalan.

Mirisnya, bukan hanya sampah botol-botol maupun plastik yang menyumbat di dalam saluran air, namun juga sampah rumah tangga berupa bantal hingga guling. Kondisi itu sangat disayangkan. Pasalnya, saluran air yang semestinya bisa menampung air saat hujan malah penuh dan tersumbat dengan sampah-sampah tersebut.