Kalapas Klas 1 Malang, Anak Agung Gede Krisna saat mendampingi Tim Kemenpan RB melakukan penilaian di Lapas Klas 1 Malang dalam rangka untuk meriah predikat WBBM (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Kalapas Klas 1 Malang, Anak Agung Gede Krisna saat mendampingi Tim Kemenpan RB melakukan penilaian di Lapas Klas 1 Malang dalam rangka untuk meriah predikat WBBM (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Tim Evaluator Zona Integritas Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) melakukan penilaian di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas 1 Malang, Senin (30/11/2020).

Ya penilaian tersebut lantaran Lapas yang sebelumnya telah meraih Wilayah Bebas Korupsi (WBK) kini mengajukan peningkatan predikat menjadi Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Baca Juga : UPT Rehabilitasi Sosial Bina Netra Dinsos Jatim Luluskan 20 Klien

Di Lapas yang terkenal dengan sebutan Lapas Lowokwaru tersebut, dua Tim Evaluator Kemenpan RB langsung melihat pelayanan yang ada di Lapas Klas 1 Malang, baik dari pelayanan untuk masyarakat dan juga pelayanan untuk para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Pelayanan tersebut seperti penitipan barang Drive Thru, Sarana Asimilasi Cafe Jagongan Jail (JJ) dan Satuan Operasional Kepatuhan Internal (Satops Patnal). Termasuk bengkel pelatihan dan juga pemberdayaan para WBP.

"Kalau dari layanan kunjungan, karena ini Covid, kan hanya barang titipan, tidak ada kunjungan. Tapi semuanya sudah tersistem dengan baik layanan penitipannya," jelasnya anggota Tim Evaluator Zona Integritas Kemenpan RB, A Firmansyah.

Lebih lanjut dijelaskannya, jika layanan yang ada di dalam khususnya untuk para WBP dinilai juga sudah cukup baik, meskipun dengan jumlah WBP yang mencapai 3000-an.

Fasilitas pelatihan-pelatihan yang diberikan pihak Lapas untuk para WBP, dikatakan Firmansyah juga sudah sangat sistematis. Mulai dari pemberian materi hingga arahan untuk pengaryaan para WBP jelas arah dan tujuannya.

"Fasilitas-fasilitas disini juga asri dan nyaman. Sudah terurus dengan baik, bahkan mungkin bisa jadi lebih nyaman dari rumah mereka," ungkap sembari tersenyum kagum dengan pengelolaan Lapas Klas 1 Malang.

Baca Juga : Ikuti Arahan Aplikasi Maps, Seorang Pengemudi Mobil Tersesat di Hutan, Merinding Dengar Jendela Diketuk

"Kalau untuk saran buat Lapas sepertinya belum ada, karena menurut kami sepertinya memang sudah cukup baik dan positif," tambahnya.

Sementara itu, Kapalas Klas 1 Malang, Anak Agung Gede Krisna menjelaskan, jika tim Evaluator Zona Integritas Kemenpan RB telah berkeliling melihat semua fasilitas dan pelayanan serta terobosan dari Lapas Klas 1 Malang dalam membina para WBP.

"Filosofinya yang kami emban ke depan adalah kita tingkatkan pelayanan publik untuk menekan adanya gangguan-gangguan keamanan. Dan terbukti di tahun 2020, tidak ada gangguan keamanan. Walaupun tidak ada koreksi dari beliau (tim Evaluator Zona Integritas Kemenpan RB), tapi ini justru pemacu bagi kami untuk terus meningkatkan pelayanan," pungkasnya.