Pjs Bupati Malang, Sjaichul Ghulam saat ditemui awak media usai melaksanakan Sidang Paripurna Istimewa di Gedung DPRD Kabupaten Malang, Sabtu (28/11/2020). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTimes) 
Pjs Bupati Malang, Sjaichul Ghulam saat ditemui awak media usai melaksanakan Sidang Paripurna Istimewa di Gedung DPRD Kabupaten Malang, Sabtu (28/11/2020). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTimes) 

MALANGTIMES - Dalam momentum peringatan Hari Jadi Kabupaten Malang ke-1.260 tahun, Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Malang, Sjaichul Ghulam membeberkan sejumlah penghargaan yang diterima oleh Pemerintah Kabupaten Malang.

Menurutnya, deretan penghargaan itu menjadi sebuah kado istimewa untuk Kabupaten Malang. Sjaichul Ghulam menuturkan bahwa beberapa penghargaan tersebut merupakan hasil ikhtiar, kerja keras, kesungguhan, komitmen, dan keberpihakan kepada masyarakat yang mengantarkan Kabupaten Malang semakin maju dari waktu ke waktu. 

Baca Juga : Gelar Table Top Pariwisata dan Ekraf, Disporapar Wajibkan Peserta Jalani Rapid Test

"Berbagai fakta yang sekaligus menjadi monumen keberhasilan adalah dengan diterimanya banyak penghargaan yang diterima oleh Pemerintah Kabupaten Malang," ungkapnya di hadapan peserta Sidang Paripurna Istimewa di Gedung DPRD Kabupaten Malang. 

Beberapa penghargaan tersebut, pertama penghargaan atas laporan hasil evaluasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah Kabupaten Malang tahun 2019. 

"Nomor dua penghargaan untuk kategori daerah pengembangan kawasan holtikultura terbaik di tahun 2020 dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia," ujarnya disambut tepuk tangan peserta yang hadir. 

Ketiga, penghargaan atas status penilaian laporan penyelenggaraan pemerintah daerah atau LPPD tahun 2018 dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. 

"Keempat penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia atas laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Malang tahun 2019," bebernya. 

Selain itu, Ghulam juga menyebutkan bahwa Pemerintah Kabupaten Malang juga menerima penghargaan top 45 kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Provinsi Jawa Timur melalui Smart Hard dan Sijaritum di Kabupaten Malang. 

Pemerintah Kabupaten Malang juga mendapatkan penghargaan di bidang bahasa di tahun 2020 dari Balai Provinsi Jawa Timur sebagai Lembaga Pemerintah tertib berbahasa. Pemkab dinilai menjadi yang terbaik dalam aksi penguatan bahasa negara di ruang publik. 

"Terakhir yakni penghargaan top 15 kategori kelompok khusus kompetisi inovasi pelayanan publik tingkat nasional (melalui, red) Sinovic dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia," terangnya. 

Baca Juga : Warga Jakarta dan Lampung pun Tertarik Ikuti Tsunami 1260 Kabupaten Malang

Ghulam berpesan kepada seluruh peserta sidang paripurna istimewa yang juga terdiri dari jajaran OPD (Organisasi Perangkat Daerah) serta camat dan lurah, bahwa semua penghargaan yang diterima oleh Kabupaten Malang bukan dari akhir pencapaian. 

"Namun sekiranya dapat menjadi indikator penilaian dari keberhasilan atas upaya pembangunan yang kita laksanakan secara bersama-sama," ujarnya. 

Dengan bertambahnya usia ke-1.260 tahun, Ghulam berharap dapat semakin meningkatkan motivasi bersama untuk lebih giat lagi dalam bekerja yang kreatif dan inovatif. 

"Dan lebih bersemangat untuk mengakselerasi pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Kabupaten Malang, untuk masa sekarang dan dimasa mendatang," pungkasnya. 

Sebagai informasi, bahwa beberapa penghargaan ini diperoleh pada saat masa kepemimpinan Bupati Malang HM. Sanusi yang saat ini menjalani cuti kampanye untuk mencalonkan kembali di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Malang 2020.