DPD PKS Kota Malang turut serta menyaksikan Munas V PKS secara live streaming (Istimewa).
DPD PKS Kota Malang turut serta menyaksikan Munas V PKS secara live streaming (Istimewa).

MALANGTIMES - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) umumkan lambang dan tagline baru pada puncak musyawarah nasional (Munas) V yang digelar pada hari ini, Minggu (29/11/2020). Munas dilaksanakan di Kota Bandung dan diikuti oleh DPD PKS di seluruh daerah, tanpa kecuali Kota Malang.

Proses Munas ke V tersebut diikuti DPD PKS Kota Malang dan bertempat di Hotel Sahid Montana. Setidaknya ada sekitar 30 kader yang ikut serta menyaksikan Munas V PKS secara live streaming itu. Mulai dari Ketua Umum DPD PKS Kota Malang, Sekretaris Umum, Bendahara Umum, Pengurus Pleno DPD, Perwakilan dari 5 DPC PKS kecamatan, Ketua dan anggota Fraksi PKS DPRD Kota Malang.

Baca Juga : Lagi, Tokoh NU Mantab Dukung Paslon SanDi

 

Ketua DPD PKS Kota Malang, Djoko Purnomo menjelaskan, dalam kesempatan Munas tersebut, pengurus pusat telah mengumumkan adanya perubahan lambang dan juga tagline baru. Lambang tersebut memiliki filosofi lebih segar, lebih dekat, dan lebih terbuka untuk semua kalangan.

Sebelumnya, logo PKS bergambar dua bulan sabit yang mengapit kapas dengan warna emas dengan latar belakang hitam. Logo terdahulu memiliki bentuk dasar kotak. Sedangkan saat ini, logo PKS memiliki warna putih dan memiliki latar belakang berwarna oranye. Lalu, bentuk dasar dari logo itu berbentuk bulat dengan tulisan PKS berwarna hitam di bawah lambang tersebut.

Gambar oranye sebagai latar belakang dari lambang tersebut memiliki filosofi sebagai harapan dan semangat yang selalu optimis dan semangat muda. Sedangkan warna putih sebagai warna dasar logo memiliki makna filosofis yang menggambarkan ketulusan dan kesucian hati.

Djoko pun mengaku gembira dengan tagline baru PKS yang diluncurkan dalam Munas V tersebut, yaitu Bersama Melayani Rakyat. Tagline itu membawa semangat bagi seluruh kader PKS untuk bersama-sama melayani masyarakat.

"Membangun Kota Malang dan negeri sebesar dan seluas Indonesia tidak bisa dilakukan PKS sendiri, oleh karena itu perlu bersama-sama dengan elemen lain agar Indonesia dan khususnya Kota Malang bisa maju, sejahtera dan bermartabat," katanya.

Sementara berkaitan dengan adanya lambang PKS yang baru, Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Malang, Trio Agus Purwono yang juga hadir mengikuti acara Munas tersebut juga menyampaikan rasa bahagianya. Trio menyambut baik adanya perubahan lambang tersebut.

"Lambang PKS yang berbentuk bulat dan berwarna oranye sangat simple dan akan sangat mudah dikenal masyarakat. Selain terlihat cerah, warna oranye berjiwa muda dan penuh dengan semangat optimisme," tandas Trio yang juga menjabat Ketua Komisi B DPRD Kota Malang itu.

Meskipun dilaksanakan di tengah pandemi covid-19, antusias para kader yang datang sangat luar biasa. Karena seluruh kader dan pengurus PKS Kota Malang sangat antusias mengikuti acara Munas V yang juga bisa diikuti melalui live streaming di YouTube, Facebook, Instagram, dan Zoom.

Baca Juga : Maksimalkan Sektor Pertanian, Paslon SanDi Bakal Produksi Bibit Buah di Kabupaten Malang

Sebelum mengikuti acara, seluruh kader yang datang melakukan rapid test terlebih dahulu. Kemudian terdapat anggota yang reaktif akan diminta untuk pulang dan mengikuti acara dari rumah. Selain itu, selama kegiatan seluruh peserta wajib mengikuti protokol kesehatan. Hal ini dilakukan sebagai pencegahan terhadap penyebaran Covid-19.

Sebagai informasi, Munas V PKS yang berlangsung sejak tanggal 26 hingga 29 November ini mengusung tema "Bersama Melayani Rakyat". Di mana dalam Munas tersebut menyampaikan hasil rapat Majelis Syuro PKS berkaitan dengan Falsafah Perjuangan PKS terbaru, Arah Kebijakan Partai dan Rencana Strategis PKS 2020 - 2025.

Selain itu juga akan diumumkan kepengurusan Dewan Pimpinan Tingkat Pusat (DPTP) PKS periode 2020 - 2025 yang terdiri dari Majelis Pertimbangan Partai (MPP), Dewan Syariah Pusat (DSP), Dewan Pengurus Pusat (DPP), Mahkamah Partai, termasuk peluncuran logo PKS yang berbentuk bulat dan berwarna oranye, tagline "Bersama Melayani Rakyat" dan mars PKS terbaru.

Selanjutnya, setelah pelaksanaan Munas, akan diikuti Musyawarah Wilayah (Muswil) di tingkat Provinsi, dan kemudian pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) di Kota Malang di tahun 2021.