Wakil Walikota Malang, Sofyan Edy Jarwoko saat membuka event Disporapar didampingi Kepala Disporapar, Ida Ayu Made Wahyuni (dua dari kanan) bersama pejabat Disporapar (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Wakil Walikota Malang, Sofyan Edy Jarwoko saat membuka event Disporapar didampingi Kepala Disporapar, Ida Ayu Made Wahyuni (dua dari kanan) bersama pejabat Disporapar (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang melakukan upaya pemulihan ekonomi sektor pariwisata melalui kegiatan Table Top. Mengangkat tema “Pariwisata Bangkit Dalam Rangka Recovery Sektor Pariwisata", kegiatan ini berlangsung Minggu (29/11/2020).

Kepala Disporapar Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni menejelaskan jika kegiatan Table Top juga merupakan momentum untuk menggencarkan promosi pariwisata Malang Raya, khususnya Kota Malang.

Baca Juga : Gelar Table Top Pariwisata dan Ekraf, Disporapar Wajibkan Peserta Jalani Rapid Test

"Para buyer yang hadir ini berasal dari berbagai kota di Indonesia. Sehingga ini waktu yang pas untuk mempromosikan potensi yang ada Malang Raya. Mereka (buyer) jauh-jauh kita undang untuk membantu mempromosikan pariwisata di Malang Raya, makanya harus digencarkan," ungkapnya.

Promosi wisata sendiri, lanjut Ida, tetap harus berjalan dan tidak boleh berhenti dilakukan. Meskipun sebelumnya tempat tersebut telah dikenal ataupun mengalami kendala seperti saat ini.

"Seperti halnya Bali, meskipun telah dikenal dunia, tapi promosi tetap terus dilakukan tiap bulan baik di dalam maupun di luar. Pada intinya promosi tidak boleh berhenti. Kita sendiri memiliki media sosial yang juga terus mempromosikan secara daring atau online, selain melalui kegiatan atau event seperti ini," bebernya.

Kota Malang memiliki potensi usaha jasa, seperti hotel, restoran maupun rekreasi umum dan hiburan. Potensi itu tetap terus dipromosikan meski dalam masa pandemi. Sedangkan untuk rekreasi agro maupun alam ada di kawasan Kota Batu maupun Kabupaten Malang. Sehingga, para seller yang dilibatkan hari ini berasal dari Malang Raya agar bisa maju bersama.

"Bersyukur kita hari ini bisa melakukan kegiatan table top, sehingga dilibatkan ada 90 seller Malang Raya, buyer ada 82, paling jauh dari Samarinda, Bali, Lombok, Jogja, Semarang," jelasnya.

Dengan hadirnya para buyer secara langsung, tentunya akan semakin memantapkan para seller untuk mempromosikan potensi yang mereka punya,  sehingga lebih jelas dalam penyampaian potensi, maupun promo yang mereka adakan.

Baca Juga : Kemenparkraf Lewat Disporapar Kota Malang Percepat Pemulihan Ekonomi Sektor Pariwisata

"Kemudian ditindaklanjuti, nantinya jika mereka kembali ke Malang tentunya mereka akan menghubungi lagi link mereka yang telah diajak kerja sama," terangnya.

Dia kembali menegaskan, jika dalam kegiatan ini tentunya saling membantu antar para pelaku usaha untuk memulihkan perekonomian yang sempat terpuruk lantaran pandemi Covid-19.

"Arah kita sementara ini wisatawan Nusantara, jadi sesuai dengan tagar yang kita sampaikan tadi, 'dolen ke Malang aja'," pungkasnya.