Sederet RS Rujukan Covid-19 di Kota Malang Penuh

Nov 28, 2020 19:24
Ilustrasi (Istimewa).
Ilustrasi (Istimewa).

MALANGTIMES - Sederet rumah sakit (RS) rujukan untuk pasien Covid-19 di Kota Malang penuh. Informasi itu sebelumnya sudah banyak beredar di media sosial. 

Di mana beberapa rumah sakit memampang pengumuman jika untuk sementara ruang isolasi masih penuh, dan terpaksa belum bisa menerima pasien yang terindikasi Covid-19.

Baca Juga : Dua Hari Beruntun, Data Pasien Covid-19 yang Sembuh di Kabupaten Malang Tidak Bertambah

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang Sri Winarni, melalui Kabag Humas Pemkot Malang Nur Widianto, membenarkan jika sederet rumah sakit rujukan kosong. 

Namun Dinas Kesehatan sampai saat ini belum mendapat data secara rinci dan masih melakukan pendataan. Lantaran belum ada laporan dari masing-masing rumah sakit rujukan berkaitan dengan informasi tersebut.

"Benar, beberapa ada yang kosong," kata Sri Winarni.

Sementara itu, Juru Bicara Satgas Covid-19 Husnul Muarif, menjelaskan, jika mengenai kabar tersebut pihaknya masih akan melakukan kroscek secara mendetail ke masing-masing rumah sakit rujukan. 

Jika memang penuh, maka pihaknya akan segera melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Salah satunya untuk membahas mengenai keberlanjutan pembangunan rumah sakit lapangan yang sebelumnya direncanakan dibangun di area Polkesma. Karena keberadaan RS Lapangan tersebut dinilai masih sangat dibutuhkan. Terutama untuk menangani pasien gejala ringan dan sedang.

"Akan kami lihat progressnya dan akan segera kami koordinasikan dengan provinsi," katanya.

Sementara itu, berkaca pada pengalaman sebelumnya, layanan yang kosong di beberapa rumah sakit rujukan menurutnya adalah ruang isolasi bertekanan negatif dengan ventilator. Karena selama ini, rumah sakit rujukan dilengkapi dengan fasilitas yang berbeda, yaitu ruang isolasi bertekanan negatif dengan ventilator, ruang isolasi bertekanan negatif tanpa ventilator, dan ruang isolasi biasa.

Baca Juga : Kordes-Korcam Krisdayanti Bersinergi dengan BPJS Kesehatan Malang sebagai Relawan

Khusus untuk ruang isolasi bertekanan negatif dengan ventilator memang diperuntukkan bagi pasien Covid-19, baik PDP (pasien dalam pengawasan) atau pun yang terkonfirmasi positif dengan gejala berat.

Sebagai informasi, sampai dengan saat ini tercatat sudah ada 2.259 pasien positif Covid-19. Dengan rincian, 2.021 dinyatakan sembuh total, 232 meninggal dunia, dan enam pasien masih dalam tahap pemantauan. 

Pada hari ini, Sabtu (28/11/2020) tercatat ada sembilan kasus konfirmasi positif Covid-19 yang baru.

Sedangkan untuk data lain, tercatat suspek Covid-19 ada 3.514 orang. Dengan rincian isolasi Rumah Sakit sebanyak 114 orang, isolasi rumah 54 orang, meninggal dunia 96, dan discarded sebanyak 3.250 kasus.

 

Topik
Rumah Sakit Rujukan Covid 19rs rujukan covid kota malangrs covid 19 penuhberita kota malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru