Kikis Kesan Seram, Gang Keramat Bakalan Krajan Dihias Tokoh Kartun

Nov 28, 2020 12:50
Satu warga RT 10 RW 5 Bakalan Krajan tengah melukis tokoh Mr Bean du dinding rumah warga, disaksikan ketua RT 10. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Satu warga RT 10 RW 5 Bakalan Krajan tengah melukis tokoh Mr Bean du dinding rumah warga, disaksikan ketua RT 10. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Gang keramat. Mendengar nama gang itu, yang terbayang biasanya kawasan itu menakutkan atau serem. 

Namun, tidak demikian dengan gang keramat di kawasan Jalan Pelabuhan Ketapang 1, Kelurahan Bakalan Krajan, Kecamatan Sukun, Kota Malang. Lewat di gang itu, jangankan kesan takut. Justru rasa menyenangkan yang muncul karena tembok-tembok di gang itu berhias tokoh-tokoh kartun populer.

Baca Juga : Kelola Urban Farming Jadi Destinasi Wisata, Tim Pengmas HI Fisip UB Dampingi Warga Kembangkan Ecotourism

 

Gang keramat di RT 10 RW 5 Bakalan Krajan itu awalnya memang “bikin seram”. Maklum, gang itu dekat dengan kawasan pemakaman umum.

Makanya, untuk mengubah image seram itu, warga RT 10 kemudian menghadirkan tokoh-tokoh kartun Walt Disney  dan tokoh kartun lainnya di lingkungan  mereka.

Warga setempat melukis kartun-kartun tokoh Walt Disney, mulai dari Donald Duck hingga Mickey Mouse, di  dinding-dinding rumah warga di gang keramat. Dari situ, gang keramat sendiri saat ini dikenal dengan Kampung Disney.

Ketua RT 10 Tasam Wahyudiono mengatakan, memang dilukisnya tokoh-tokoh kartun di dinding-dinding rumah warga didasari keinginan untuk mengubah image gang yang dinilai keramat sesuai namanya.

"Tapi selain itu, ini melihat kampung-kampung yang telah ada, seperti Kampung 3D dan kampung Warna-warni yang kini menjadi lebih hidup, banyak dikunjungi. Harapannya  Kampung Disney ini nanti bisa lebih berkembang dan banyak dikunjungi," bebernya, Sabtu (28/11/2020).

tokoh-kartun-di-gang-keramat-29f1acf9228b8ff04.jpg

Pemilihan tokoh Disney sendiri juga bukan ada hal khusus. Hal tersebut  dipilih tergantung sesaui permintaan pemilik rumah. Namun karena di depan gang dulunya pertama ada  gambar tokoh kartun Disney, akhirnya  banyak warga lain yang juga meminta gambar tokoh kartun Disney.

"Selain tokoh kartun Disney, sebenarnya ada juga tokoh kartun lain, seperti Doraemon. Ada juga tokoh pewayangan," ungkap Tasam.

Pengerjaan melukis dinding-dinding dengan tokoh kartun ini dimulai pada pertengahan Oktober. Pengecatan dan pelukisan dilakukan sendiri secara gotong royong oleh warga.

Baca Juga : Pandemi Covid-19, Ini Cara Jitu Kampung DX Patmanam Ajak Masyarakat Hidup Sehat

 

"Saat ini dari 30 kepala keluarga atau rumah, ya masih separo yang baru terlukis. Sisanya akan segera menyusul," kata Tasam.

Selain terkendala waktu karena menunggu waktu senggang warga, biaya yang besar untuk membeli bahan cat juga menjadi salah satu kendala sehingga  tidak semua rumah  bisa langsung dicat.

"Kalau lansgung dicat semua, tentunya butuh biaya besar. Kalau cat yang digunakan ini ya swadaya warga sendiri. Ada juga yang bantuan warga lain dan  cat-cat sisa punya warga," pungkasnya.

 

Topik
Peduli Lingkungangang keramatgambar kartunLukisan mural

Berita Lainnya

Berita

Terbaru