Kulkas yang lama tak dibersihkan dan berisi barang sering mengakibatkan bau tak sedap. (Foto: Anang Basso / Tulungagung TIMES)
Kulkas yang lama tak dibersihkan dan berisi barang sering mengakibatkan bau tak sedap. (Foto: Anang Basso / Tulungagung TIMES)

MALANGTIMES - Bagi pemilik kulkas atau lemari es, tentu sangat terganggu jika bau kulkas tak sedap. Bahkan, bisa-bisa makanan yang disimpan pun terkontaminasi. 

Penyebab kulkas bau, salah satunya adalah dalam jangka lama tak dibersihkan. Mengisi terlalu penuh dengan makanan dan minuman juga bisa menjadi pemicu kulkas kotor.

Baca Juga : Perjuangan Nenek 94 Tahun Sebatang Kara, Jualan Botok Demi Membeli Kain Kafan

Biasanya, hal itu terjadi karena sayuran yang tidak dicuci terlebih dahulu. Juga bungkus makanan terkadang masih tersimpan di kulkas dan menyebabkan sampah menumpuk.

Imam Sayaifudin, teknisi elektronik di Tulungagung membuka tips bermanfaat buat pemilik kulkas. Menurutnya, kulkas wajib dibersihkan secara reguler dalam rentang waktu 2-4 bulan sekali.

"Pembersihan ini juga tidak bisa serta merta dilakukan tanpa aturan. Apalagi di dalam kulkas ini ada strom yang berbahaya dan fatal jika ada kelalaian," ujar pria yang dipanggil Iput ini, Sabtu (28/11/2020).

Berikut tips yang disampaikan agar pembersihan kulkas aman dan bebas bau.

1. Mengosongkan Isi

Kosongkan semua isi kulkas atau bisa juga dimulai dari beberapa bagian kulkas. Lalu, keluarkan dan buang barang-barang yang tidak perlu disimpan lagi.

2. Bersihkan Isi

Kulkas mungkin berisi makanan yang tidak bersih. Dengan lap basah, bersihkan bagian bawah barang-barang tersebut, termasuk tetesan air di bagian samping kulkas.

3. Membersihkan Bagian Dalam Kulkas

Lepas bagian-bagian rak dalam kulkas. Semprotkan pembersih ke laci dan rak dalam kulkas dan lap dengan kain yang bersih. Cuci dengan air sabun hangat dan sisihkan hingga kering.

4. Masukkan Kembali Barang-Barang ke Dalam Kulkas

Baca Juga : Ratusan Wanita Ramai-Ramai Mandi di Sungai, Ada Apa?

Setelah rak dan laci terpasang kembali, masukkan semua barang yang baru dibersihkan ke dalam lemari es di bagian masing-masing. Berikan label pada rak untuk memudahkan penyimpanan seperti bagian sayur, bagian buah, makanan kaleng, minuman karton, snack, dan lainnya.

Sedangkan untuk membersihkan freezer diperlukan beberapa cara.

"Karena ada air beku atau bunga es di dalamnya, lebih baik tidak menggunakan pisau untuk membersihkan bunga es di dalam ini," ujar Iput.

Lalu bagaimana cara yang tepat? Iput meminta agar pemilik kulkas hanya dengan menaikkan suhunya agar bunga es mencair begitu saja.

"Tidak sampai satu jam selesai," ungkapnya.

Biasanya jika ada kerak dan kotoran bandel, bisa dibersihkan dengan air panas, cuka putih suling, botol semprot, kain microfiber, dan sikat gigi tua atau alat lain yang sesuai.