Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar saat ditemui awak media usai memberikan sosialisasi di Pendopo Kepanjen, Kabupaten Malang, Jumat (27/11/2020). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTimes) 
Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar saat ditemui awak media usai memberikan sosialisasi di Pendopo Kepanjen, Kabupaten Malang, Jumat (27/11/2020). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTimes) 

MALANGTIMES - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Malang dengan dua fokus pembahasan. 

Pertama dalam rangka konsultasi publik rancangan peraturan pemerintah tentang BUMDes (badan usaha milik desa). Kedua, sosialisasi Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2021. 

Acara yang dihadiri oleh seluruh kepala desa dan jajaran camat se-Kabupaten Malang tesebut digunakan Halim untuk mengingatkan sekaligus menegaskan bahwa kepala desa, camat dan seluruh perangkatnya harus netral dalam perhelatan Pilkada Kabupaten Malang 2020. 

"Saya sekarang  ke Malang melakukan kunjungan kerja. Kabupaten Malang sedang melaksanakan pilkada. Saya tidak khawatir karena saya tidak ada urusan dengan pilkada," ucapnya,  Jumat (27/11/2020). 

Halim menambahkan bahwa kepada seluruh jajaran kepala desa, camat, ASN (aparatur sipil negara), serta para pejabat agar menjalankan tugas pokok fungsinya sesuai aturan yang telah berlaku. 

"Pilkada biar berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku. Saya berharap kepada semuanya bahwa biarkan berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku. Kepala desa nggak perlu takut, harus mandiri," ucapnya. 

Terlebih lagi, pria yang akrab disapa Gus Menteri ini juga menuturkan bahwa ASN sudah jelas disebutkan bahwa harus bersikap netral dalam pilkada.  "ASN itu harus netral. Ini seperti yang ada pada gambar dan tulisan ini," ujarnya sambil menunjuk X-banner Pemerintah Kabupaten Malang tentang imbauan netralitas ASN. 

Dalam kesempatan tersebut, Gus Menteri juga turut membawa jajaran rombongan Kemendes PDTT RI. Turut hadir juga dalam acara tersebut, Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Malang Sjaichul Ghulam serta anggota Komisi XI DPR Ali Ahmad. 

Gus Menteri menegaskan kepada seluruh kepala desa, camat dan pejabat lainnya agar tidak perlu takut kepada siapa pun terkait perhelatan Pilkada Kabupaten Malang 2020.  "Kalau Gus Ali  (Ali Ahmad) ngancam-ngancam, nggak usah takut," ucapnya disambut tepuk tangan oleh peserta undangan yang hadir dalam acara tersebut.