Aliansi Jogo Malang yang menolak FPI dan Rizieq Shihab (Ist)
Aliansi Jogo Malang yang menolak FPI dan Rizieq Shihab (Ist)

MALANGTIMES - Ratusan masyarakat yang mengatasnamakan Aliansi Jogo Malang, melakukan aksi unjuk rasa di kawasan Bundaran Tugu. Dalam aksi tersebut, para peserta aksi terlihat membawa spanduk yang bertuliskan "Aliansi Jogo Ngalam, Wong Malang Tolak FPI dan Habib Rizieq", Jumat (27/11/2020).

Rofi Samsuri, Korlap aksi menjelaskan, jika penolakan terhadap FPI dan Habib Rizieq Shihab (HRS) yang dikabarkan dalam waktu dekat akan melakukan safari ke Malang, memang dilatari melihat situasi kegaduhan yang saat ini terjadi di Jakarta.

Baca Juga : Jokowi Angkat Bicara soal Menteri KKP Edhy Prabowo Ditangkap KPK

"Ya aksi ini merupakan inisiatif dan panggilan hati dari teman-teman melihat kondisi saat ini (kegaduhan), semua sudah tau. Oleh karena itu ini membuat kami khawatir bisa merembet ke Malang," bebernya.

Dijelaskannya lebih lanjut, jika pihaknya tak ingin jika HRS yang menurutnya merupakan pion penebar kebencian datang ke Malang. Makanya, sebelum hal tersebut terjadi, pihaknya melakukan aksi penolakan. Namun bilamana, HRS akan tetap hadiri ke Malang, pihaknya dengan tegas akan melakukan penghadangan.

"Ya kita lakukan penghadangan, karena kita tak ingin Malang terprovokasi, Kota Malang beragam masyarakatnya. Karena paling mudah memprovokasi dengan dalih agama," ungkapnya.

Selain itu, dikatakannya juga, jika ia dan masyarakat lainnya mendukung penuh langkah Polri maupun TNI dalam menjaga kondusifitas dan keutuhan bangsa.

"Jangan sampai pion ini merajalela, makanya kita lakukan pencegahan," terangnya.

Dalam aksi tersebut, Aliansi Jogo Malang juga menyampaikan lima pernyataan sikap, seperti berikut :

1. Dengan segala keberagaman latar belakang identitas warganya, Kota Malang adalah kota yang rukun dan damai. Warga Kota Malang menolak dengan keras segala bentuk tindakan intoleransi dan ekstrimisme yang mengundang konflik horizontal dan membuat kecemasan kelompok lainnya.

Baca Juga : Rizal Ramli Mendadak Respons Cuitan Lawas Jokowi soal Charlie Chaplin, Sindir JK?

2. Mendukung sikap tegas TNI atau Polri kepada kelompok atau organisasi yang menebar narasi kebencian sesama anak bangsa, dalam hal ini khususnya kepada FPI yang dikomandani oleh HRS. Warga Kota Malang menolak keras kehadiran FPI dan organisasi atau kelompok sejenis yang berpotensi merusak persatuan.

3. Menolak rencana Habib Rizieq Shihab yang akan berkeliling di kota-kota di Indonesia termasuk Jawa Timur, kami warga Kota Malang dengan tegas menolak kedatangan tersebut dan akan kami hadapi jika coba-coba memaksa!.

4. Mengecam pernyataan HRS yang penuh ancaman dengan kalimat "Jangan salahkan umat Islam kalau besok kepalanya dipenggal di jalan", itu bukan cerminan umat beragama di Kota Malang yang multikultural, yang hidup rukun dan penuh kedamaian.

5. Kota Malang tidak membutuhkan organisasi ekstrimis yang didirikan HRS semacam FPI yang jelas-jelas mengancam kerukunan, perdamaian, dan keselamatan warga Kota Malang. Mendukung penuh semua aparatur negara termasuk POLRI dan TNI menindak tegas Rizieq Shihab dan antek-anteknya atas ancaman terhadap Pancasila dan UUD 1945.