Truk pengangkut jutaan surat suara yang hadir di gudang logistik KPU Kabupaten Malang yang berada di Desa Curungrejo, Kepanjen, Kamis (26/11/2020). (Foto: KPU Kabupaten Malang) 
Truk pengangkut jutaan surat suara yang hadir di gudang logistik KPU Kabupaten Malang yang berada di Desa Curungrejo, Kepanjen, Kamis (26/11/2020). (Foto: KPU Kabupaten Malang) 

MALANGTIMES - Surat suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Malang telah tiba di gudang logistik KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kabupaten Malang di wilayah Desa Curungrejo, Kecamatan Kepanjen, Kamis (26/11/2020). Sebanyak lebih dari 2.003.608 surat suara hadir di gudang logistik KPU Kabupaten Malang dengan menggunakan 10 truk box.

Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilihan dan Sumber Daya Manusia KPU Kabupaten Malang, Marhaendra Pramudya Mahardika mengatakan bahwa surat suara yang telah datang sesuai dengan aturan. "Surat suara yang datang itu lengkap sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT) 2.003.608 dan ditambah juga cadangan 2,5 persen dari DPT yang ada," ungkapnya ketika dikonfirmasi pewarta, Kamis (26/11/2020). 

Setelah surat suara telah tiba, disampaikan Dika -sapaan akrabnya- bahwa pihak KPU Kabupaten Malang merekrut orang sipil untuk dipekerjakan melakukan pelipatan dan penyortiran terhadap jutaan surat suara yang telah tiba. "Jadi mulai hari ini 40 orang kami Hiring dan melakukan pelipatan dan penyortiran. Surat suara itu akan dilipat selama Full 24 jam," ujarnya. 

Lanjut Dika bahwa dalam selama Full 24 jam, dari 40 orang yang dipekerjakan akan diterapkan sistem shif dalam setiap 6 jam sekali. Yang di setiap 6 jam, terdapat 10 orang yang melakukan pelipatan dan penyortiran surat suara. 

Dika menuturkan bahwa pelipatan dan penyortiran surat suara akan berlangsung mulai hari ini hingga 6 hari kedepan sampai tanggal 1 Desember 2020. Jika pada saat dilakukannya pelipatan dan penyortiran terdapat surat suara yang rusak akan diganti. "Kalau ada yang rusak atau cacat surat suaranya akan kami kembalikan dan setelah 1 Desember itu akan kami ganti dan dilipat lagi dan selesai fix sebelum 9 Desember," jelasnya. 

Selama proses pelipatan dan penyortiran surat suara Pilkada Kabupaten Malang 2020, disampaikan Dika bahwa terdapat satu regu aparat dari jajaran Polres Malang yang turut mengamankan dalam proses penurunan serta pelipatan dan penyortiran surat suara. 
"Ada 5 petugas KPU Kabupaten Malang juga stay (menetap, red) di gudang logistik. Tugasnya untuk menjaga 24 jam surat suara," pungkasnya. 

Sebagai informasi bahwa hingga sampai saat ini, tidak sembarangan orang dapat mendekati gudang logistik KPU Kabupaten Malang. Hal tersebut untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan serta menjaga sterilnya gudang logistik.