Calon Bupati Malang nomor urut dua yakni Lathifah Shohib saat bersama pengasuh Ponpes Raudlatul Ulum 2, Gondanglegi (Foto: Dok. Malang Bangkit) 
Calon Bupati Malang nomor urut dua yakni Lathifah Shohib saat bersama pengasuh Ponpes Raudlatul Ulum 2, Gondanglegi (Foto: Dok. Malang Bangkit) 

MALANGTIMES - Keluarga besar dari Yayasan Alumni Pondok Pesantren Raudlatul Ulum 2 (YASRU) telah mendeklarasikan diri dan menyatakan dukungan kepada pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Malang nomor urut dua yakni Lathifah Shohib-Didik Budi Muljono (LaDub) dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Malang 2020. 

Dukungan tersebut semakin menambah pundi-pundi dukungan suara dari paslon LaDub yang sebelumnya juga telah menerima dukungan dari alumni santri tiga Pondok Pesantren (Ponpes) besar dan sepuh di Jawa Timur. Di antaranya, alumni santri Ponpes Lirboyo, Ploso dan Sidogiri. 

Penasehat YASRU sekaligus pengasuh Ponpes Raudlatul Ulum 2, KH. Yuzqi Qozim mengatakan bahwa deklarasi dukungan terhadap paslon LaDub karena pihaknya melihat sosok Calon Bupati Malang nomor urut dua yakni Lathifah Shohib yang merupakan cucu dari salah satu pendiri Nahdlatul Ulama (NU) yakni KH. Bisri Syansuri. 

"Kami keluarga Besar YASRU sepakat dan serius serta komitmen memenangkan Paslon LaDub di Pilkada Malang. Kita ketahui Bu Nyai Lathifah adalah Cucu Pendiri NU dan selama ini sangat berjasa dalam perkembangan umat," ungkapnya kepada pewarta, Kamis (26/11/2020). 

Yuzqi menegaskan bahwa Paslon LaDub merupakan satu-satunya peserta dalam Pilkada Kabupaten Malang 2020 yang berkomitmen pada pengembangan Ponpes di Kabupaten Malang. 

"Salah satu program yakni mengembangkan entrepreneur dalam bidang oesantren disambut antusias oleh Yayasan Raudlatul Ulum 2," terangnya. 

Lanjutnya disampaikan Yuzqi bahwa sosok Bu Nyai -sapaan akrab Lathifah Shohib- merupakan santriwati yang paham pada dunia Ponpes. "Bu Nyai Lathifah lahir dan besar dari Pondok Pesantren. Sehingga beliau paham dan mengerti bagaimana mengembangkan pesantren di masa yang akan datang," tuturnya. 

Oleh karena itu, pihak Keluarga Besar YASRU telah menginstruksikan kepada seluruh santri dan alumni santri Raudlatul Ulum 2 untuk berkomitmen memenangkan Paslon LaDub dalam Pilkada Kabupaten Malang 2020. 

"Saya menginstruksikan kepada para santri, jajaran pengurus dan juga alumni agar memenangkan paslon LaDub," tegasnya. 

Dengan begitu, menurut Yuzqi dengan memenangkan paslon LaDub dalam Pilkada Kabupaten Malang 2020, secara tidak langsung pihaknya sedang manjalankan jihad politik untuk perbaikan Kabupaten Malang selama lima tahun kedepan. 

"Insya Allah dengan ikut memenangkan Paslon LaDub kita secara tidak langsung sedang melaksanakan jihad politik untuk perbaikan Kabupaten Malang mendatang," tandasnya.