Ilustrasi (Istimewa).
Ilustrasi (Istimewa).

MALANGTIMES - Pemasangan WiFi gratis terus dilakukan Pemerintah Kota Malang secara masif. Pemasangan WiFi gratis tersebut berkaitan dengan adanya sistem belajar secara daring lantaran pandemi covid-19. Total ada 551 titik yang ditargetkan terpasang WiFi gratis tersebut.

Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan, pemasangan WiFi gratis tersebut dilakukan secara bertahap. Bukan hanya tahun ini saja, pemasangan fasilitas itu rencananya akan ditambah tahun depan. Dengan menyasar beberapa pusat keramaian seperti taman-taman kota.

Baca Juga : Makin Milenial, Wali Kota Malang Jawab Keraguan Warga Lewat Youtube

"Hal itu dalam rangka mewujudkan smart city. Ke depan warga juga membutuhkan fasilitasi serupa lebih banyak. Karena pelayanan publik juga akan diarahkan pada sistem online," katanya.

Bahkan, Pemerintah Kota Malang berencana membuat Peraturan Wali Kota Malang berkaitan dengan pemasangan WiFi gratis tersebut. Dengan harapan, ada payung hukum yang tepat untuk proses pemberian layanan publik kepada masyarakat tersebut.

Sementara itu, dalam APBD Perubahan 2020, Pemerintah Kota Malang telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 1,5 Miliar untuk memasang WiFi gratis di seluruh RW yang ada di Kota Pendidikan ini. Pemasangan WiFi gratis tersebut diharapkan mampu menunjang aktivitas belajar anak-anak, terutama saat pandemi covid-19.

Beberapa titik yang telah terpasang WiFi gratis itu di antaranya adalah Kecamatan Blimbing yang hingga pertengahan November ini tercatat sudah terpasang di 75 RW dari total 127 RW yang ada.

Kemudian Kecamatan Kedungkandang sudah terpasang di 37 RW dari total 117 RW. Berikutnya Kecamatan Klojen sudah terpasang di 39 RW dari total 90 RW yang ada. Lalu Kecamatan Lowokwaru sudah terpasang di 68 RW dari total 121 RW. Terakhir, Kecamatan Sukun sudah terpasang di 45 RW dari total 90 RW.

Baca Juga : Gambar Gratis Masih Jadi Primadona, Ribuan IMB Diterbitkan Disnaker-PMPTSP Kota Malang

Terpisah, Ketua Komisi A DPRD Kota Malang, Eddy Widjanarko mendukung rencana Pemerintah Kota Malang untuk menambah WiFi gratis di beberapa tempat umum. Karena kebutuhan masyarakat untuk mengakses internet saat ini juga semakin besar.

Dia pun berharap agar pemasangan WiFi gratis terus mengutamakan kebutuhan para pelajar. Karena sistem belajar daring kemungkinan masih akan berlanjut cukup lama. Dengan pemasangan WiFi gratis itu pula, diharapkan proses belajar siswa dan siswi di Kota Pendidikan ini tidak terganggu.

"Karena selama ini yang paling banyak dikeluhkan memang membeli paket internet. Karena kebutuhannya memang besar dan secara otomatis angka atau uang yang dibutuhkan juga bertambah," jelas Eddy.