Dinsos-P3AP2KB Terus Dengungkan KB, Ingin Masyarakat Lebih Sejahtera

Nov 23, 2020 14:59
Program KB dua anak cukup. (istimewa)
Program KB dua anak cukup. (istimewa)

MALANGTIMES - Dinas Sosial dan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos-P3AP2KB) Kota Malang tidak pernah bosan mengingatkan masyarakat tentang program keluarga berencana (KB). Pasalnya, hal itu sangat erat kaitannya dengan problem rumah tangga yang kerap terjadi di tengah masyarakat. 

Intinya, Dinsos-P3AP2KB ingin masyarakat punya keluarga bahagia. Dan, keluarga bahagia disebabkan banyak faktor yang memengaruhi. Di antaranya yakni  program KB yang kerap didengungkan Dinsos-P3AP2KB. 

Baca Juga : Dinas Pariwisata Kota Batu Dorong Desa Wisata Masuk Kategori Mandiri

Kepala Dinsos-P3AP2KB Kota Malang Peny Indriani mengatakan bahwa kesejahteraan masyarakat pada masa seperti ini sangat diperlukan. Oleh karena itu, dibutuhkan kesadaran masyarakat tentang program KB.

Dalam promosi KB sendiri, yang paling sulit ternyata adalah masyarakat tidak terbiasa melakukan perencanaan. Kampanye tersebut diharapkan membawa image baru tentang KB secara luas dan mengajari perempuan untuk merencanakan siklus reproduksinya.

Menurut Peny, kenyataan di lapangan, terkadang perencanaan justru berada di luar kendali perempuan. Terutama perencanaan mengenai kehamilan dan anak yang dikandungnya.

"Hal ini erat kaitannya dengan kekerasan terhadap perempuan dan kekerasan dalam rumah tangga. Hal lain lagi adalah perempuan itu memiliki hak yang terkait dengan reproduksinya, yaitu  hak untuk mendapatkan informasi yang penuh dan pelayanan yang baik," ungkap Peny.

Di sisi lain, ada masyarakat yang memilih untuk mendapatkan banyak anak karena memiliki dasar pemikiran  bahwa banyak anak banyak rezeki. Hal itu sangat berbeda dengan program KB yang didengungkan Dinsos-P3AP2KB bahwa kesejahteraan masyarakat bisa dimulai dengan memiliki dua anak.

Baca Juga : Dinsos-P3AP2KB Kota Malang Taruh Perhatian pada Pernikahan Usia Dini

"Dua anak cukup itu sebenarnya bisa membuat keluarga bahagia," ucap Peny. "Tapi pada kenyataannya, juga banyak orang yang memiliki anak 3, 4, bahkan 5," sambung dia..

 

Topik
Dinsos P3AP2KBprogram Keluarga Berencana

Berita Lainnya

Berita

Terbaru