Ilustrasi pencurian motor (otomotodotid)
Ilustrasi pencurian motor (otomotodotid)

MALANGTIMES - Kewaspadaan dan kehati-hatian masyarakat dalam mengamankan kendaraannya perlu lebih ditingkatkan. Sebab, aksi pelaku curanmor kembali meresahkan masyarakat. 

Kali ini, M Hasan (31) warga Jalan Selorejo No 64 RT 8 RW 8, Kelurahan Lowokwaru, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang menjadi korbannya.

Baca Juga : Pria Bersarung Kendarai Motor PCX Terekam CCTV Curi Dua Tanaman Hias

Yamaha NMAX warna Hitam bernopol R 3550 IK yang diparkirkan di depan teras rumahnya, di mana berada di dalam pagar rumah, raib dicuri maling meski dalam kondisi terkunci stang (9/11/2020).

"Motor itu diparkir di teras rumah dalam keadaan stang terkunci. Di sebelahnya juga ada motor lain, ada Honda Beat, tapi yang dicuri NMAX. Saat itu pagar memang tertutup, tapi tidak terkunci, selama ini aman-aman saja," bebernya.

Hilangnya motor korban diketahui berawal dari tidak bisa dibukanya pintu rumah korban. Saat itu (10/11/2020), ibu korban yang pada saat pagi hari sekitar pukul 04.00 wib hendak keluar rumah membeli sayur di depan rumah.

Namun ketika akan keluar, ibu korban terheran, pintu rumahnya tidak bisa terbuka, meski kunci rumah telah dibuka. Setelah itu, ibunya menghubungi tukang sayur untuk membukakan pintu rumahnya.

Tukang sayur yang saat itu berada di depan rumah, langsung masuk dan membuka pintu rumah korban yang ternyata gagang pintu telah dililit oleh seutas kawat. Setelah ibu korban keluar, ia begitu terkejut. Di situ baru diketahui jika sepeda motor milik korban yang diparkir di teras rumah telah raib.

"Dugaan sebelum beraksi memang pelakunya melilitkan kawat lebih dulu. Tukang sayur sendiri bisa masuk karena saat itu gerbang tidak terkunci, dan katanya memang sudah terbuka lebar," jelasnya.

Baca Juga : Tak Tahan Diejek, Pria di Malang Bacok Tetangga hingga Tewas

Sementara itu, diduga pelaku sendiri beraksi antara pukul 02.00 wib sampai 03.30 wib, di saat penghuni rumah tengah beristirahat. Pasca kejadian tersebut korban melaporkan kejadian tersebut ke pihak berwajib.

Modus yang sama, yakni dengan mengikat pintu agar pemilik rumah tak bisa menggagalkan aksi pencurian, sebelumnya juga pernah terjadi di Jalan Lembayung, Kelurahan Bumiayu, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, Sabtu (10/10/2020). Di situ, pelaku pencurian motor juga mengikat gagang pintu rumah dengan tali tambang.

Kasubaghumas Polresta Malang Kota, Iptu Ni Made Seruni Marhaeni kembali mengimbau, agar masyarakat selalu berhati-hati dan lebih waspada lagi. Selain itu, masyarakat diminta untuk tidak meremehkan situasi sekitar.

"Kendati telah terlihat aman, jangan remehkan situasi, tetap waspada dan hati-hati. Selain itu sebisa mungkin amankan kendaraan, parkir motor di lokasi yang aman dan terpantau," pungkasnya.