Ketiga kandidat Calon Bupati dan Wakil Bupati Malang saat menghadiri agenda debat publik kedua (Foto : Tubagus Achmad / MalangTIMES)
Ketiga kandidat Calon Bupati dan Wakil Bupati Malang saat menghadiri agenda debat publik kedua (Foto : Tubagus Achmad / MalangTIMES)

MALANGTIMES - Mengawali debat publik kedua yang bertemakan tentang pembangunan, Calon Bupati Malang nomor urut 1, Sanusi mengaku jika untuk melakukan perubahan di Kabupaten Malang harus dimulai dari pucuk pimpinan pemerintahan.

Apa yang ditegaskan pria yang akrab disapa Abah Sanusi ini, menurutnya telah sesuai dengan yang diperintahkan oleh hadist Rasulullah SAW. 

Baca Juga : Pembangunan Alun-Alun Kabupaten Malang Tak Kunjung Usai, Paslon LaDub Tawarkan Ini

”Saya sudah satu tahun menjadi Bupati Malang dan sebenarnya tinggal melanjutkan langkah yang lebih bagus lagi, dan itu harus dimulai dari top leader. Artinya bupati bersama wakilnya untuk mempunyai tekad melakukan hal yang terbaik untuk Kabupaten Malang. Hal itu sesuai dengan hadist Rasulullah, yakni berbuat baik itu harus dimulai dari diri sendiri,” tegasnya.

Jika pucuk pimpinan sudah memiliki visi yang kongkrit untuk membangun Kabupaten Malang, menurut Abah Sanusi, maka secara manajemen tinggal menentukan arah kebijakan bagi masyarakat. Kebijakan yang digagas oleh pimpinan daerah tersebut, bisa terlaksana jika staf yang ada dibawahnya juga turut mendukungnya.

”Kedua adalah pelakunya, atau staffing. Artinya mulai dari Sekda sampai kebawah itu harus orang yang berdedikasi dan berintegritas. Tidak bisa Bupati sendirian, kalau Sekda dan stafnya tidak membantu tidak akan jalan. Apalagi kalau dibawahnya tidak loyal kepada pimpinan, dan selalu nelikung (berbeda pendapat, red),” ungkap Abah Sanusi.

Ke depan, santri yang pernah menimba ilmu di Pondok Pesantren Raudlatul Ulum ini, berkomitmen bakal menggiring wilayah pemerintahannya hingga terwujudnya Malang Makmur.

”Saya bersama Pak Didik mengusung tema Malang Makmur dengan visi akan mensejahterakan masyarakat. Tujuannya untuk mempersatukan Kabupaten Malang agar bersama-sama membangun Kabupaten Malang yang lebih baik,” ujarnya.

Baca Juga : Pelaksanaan Debat Kedua, Paslon SanDi Siap Paparkan Program Unggulan Sektor Pembangunan

Meski sudah terkonsep secara matang, namun Abah Sanusi tetap berharap peran serta dari seluruh masyarakat, guna mewujudkan kemakmuran di Kabupaten Malang tersebut.

”Kabupaten Malang tidak mungkin bisa dibangun sendiri, semua harus bergerak. Ke depan untuk membangun Kabupaten Malang yang Makmur itu, mulai dari Bupatinya hingga stafnya harus bagus. Kemudian anggaran juga harus dikelola dengan baik, dan terakhir masyarakat juga harus bersama-sama membangun Kabupaten Malang,” tukasnya.