Peta sebaran kasus covid-19 di Kabupaten Malang periode 20 November 2020
 (Foto : Istimewa)
Peta sebaran kasus covid-19 di Kabupaten Malang periode 20 November 2020 (Foto : Istimewa)

MALANGTIMES - Memasuki pekan ketiga November 2020, jumlah pasien covid-19 di Kabupaten Malang yang dinyatakan sembuh kembali tidak mengalami penambahan. Tercatat, sampai dengan hari ini (Jumat 20/11/2020) jumlah pasien covid-19 di Kabupaten Malang yang dinyatakan sembuh, datanya terpantau stagnan di angka 999 orang pasien.

”Dalam kurun waktu tiga hari ini, jumlah pasien sembuh dari covid-19 tidak mengalami peningkatan. Tetap di angka 999 orang,” terang Humas Satgas Covid-19 Kabupaten Malang Aniswaty Aziz saat dikonfirmasi Jumat (20/11/2020).

Baca Juga : Turun ke Peringkat 12 Se-Jatim, Covid-19 di Kabupaten Malang Masuk Zona Oranye

Berbeda dengan update kasus positif covid-19, hari ini datanya terpantau mengalami peningkatan sebanyak 5 orang pasien. Berdasarkan data yang dirilis Dinkes (Dinas Kesehatan) Kabupaten Malang, penambahan lima pasien tersebut masing-masing berasal dari Kecamatan Dampit, Karangploso, Singosari, Tajinan, dan Tumpang.

”Dengan adanya penambahan 5 pasien tersebut, total sudah ada 1.130 kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Malang,” ungkapnya.

Dijelaskan Aniswaty, kelimanya telah diarahkan untuk menjalani isolasi mandiri lantaran tidak mengalami kondisi klinis yang parah dan tidak memiliki komorbid alias penyakit penyerta. ”Sampai dengan saat ini, ada 60 pasien di Kabupaten Malang yang masih menjalani perawatan untuk bisa sembuh dari Covid-19,” terangnya.

Dari jumlah tersebut, 19 pasien di antaranya masih menjalani perawatan di rumah sakit rujukan covid-19. Sedangkan 41 pasien lainnya saat ini sudah diperkenankan untuk menjalani isolasi mandiri.

”Pada update hari ini, hanya kasus positif covid-19 yang mengalami penambahan. Sedangkan untuk jumlah pasien yang sembuh dan meninggal karena covid-19, datanya tetap. Tiga hari belakangan ini pasien yang sembuh dan yang meninggal tidak mengalami penambahan,” tuturnya.

Sekadar informasi, sampai dengan saat ini ada 71 pasien di Kabupaten Malang yang meninggal akibat terpapar virus covid.

Baca Juga : Pembatasan saat Pandemi Covid-19, Angka Perceraian di Kabupaten Malang Menurun

Sementara itu, menilik data Pemprov Jatim (Pemerintah Provinsi Jawa Timur), Kabupaten Malang sampai dengan saat ini masih masuk dalam zona oranye. Yakni wilayah dengan risiko peningkatan kasus covid-19 skala sedang.

Sedangkan dari data sebaran kasus covid-19, Kabupaten Malang masih bertahan di peringkat 12 se-Jatim.