Bangunan cucian mobil dekat pintu exit seksi V tol Mapan yang masih berdiri jelang pengoperasian seksi V tol Mapan. (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).
Bangunan cucian mobil dekat pintu exit seksi V tol Mapan yang masih berdiri jelang pengoperasian seksi V tol Mapan. (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Bangunan cucian mobil yang masih tersisa di area dekat exit tol Malang-Pandaan (Mapan) kembali disinggung DPRD Kota Malang. Kali ini, legislatif meminta agar Pemerintah Kota Malang segera menyelesaikan bangunan yang belum juga dibebaskan tersebut.

Anggota DPRD Kota Malang Fraksi DAMAI Lookh Mahfud menyebut, masyarakat sangat mengharapkan permasalahan tersebut segera diselesaikan karena menyangkut kenyamanan para pengendara saat melaju di area tersebut. Terlebih, secara legal kawasan tersebut juga merupakan hak dan tanah milik Pemerintah Kota Malang.

Baca Juga : Tak Tegakkan Protokol Kesehatan di Acara Rizieq, Kapolda Metro Jaya dan Kapolda Jabar Dicopot

"Dan dulu sudah ada pembicaraan, tapi  berhenti di tengah jalan dan belum juga dieksekusi sampai sekarang," kata Lookh.

Menanggapi itu, Wali Kota Malang Sutiaji menjelaskan, berkaitan dengan eksekusi kawasan tersebut, pemkot masih menunggu keputusan pengadilan. Sebab,  meskipun tanah tersebut milik Pemerintah Kota Malang, bangunan di atasnya tetap hak milik masyarakat.

"Dan pemilik bangunan menolak ganti rugi. Sekarang masih diproses di pengadilan. Apabila ada penetapan, akan langsung dilakukan pembongkaran," ucapnya.

Sutiaji menegaskan,  Pemkot Malang akan proaktif untuk melihat kelanjutan  kasus yang ditangani pengadilan negeri tersebut. Dia berjanji problem yang terjadi tersebut akan diselesaikan maksimal hingga akhir tahun ini. "Insya Allah akhir tahun ini sudah selesai semua," kata  politisi Demokrat tersebut.

Sementara itu, berdasarkan pantauan MalangTIMES, bangunan yang sangat dekat dengan exit tol Mapan di Madyopuro tersebut masih menjorok ke arah jalan besar. Bangunan masih sering digunakan sebagai tempat cucian mobil seperti biasanya.

Baca Juga : Saat Abu Janda Tagih Janji ke Mahfud MD: Jangan Kalah Berani Sama Nikita Mirzani!

Pengendara yang hendak melaju pun terkadang harus mengantre di area dekat bangunan tersebut. Antrean panjang juga sering terjadi saat jalanan sedang padat. Kendaraan berjajar di area traffic light yang jaraknya hanya beberapa meter saja dari bangunan yang belum dibongkar tersebut.