Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Video Sebut "Berkah Adanya Lonte" Viral, Nama Gus Baha Menggema di Twitter

Penulis : Desi Kris - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

16 - Nov - 2020, 08:40

Gus Baha (Foto:  Minews ID)
Gus Baha (Foto: Minews ID)

MALANGTIMES - Nama Ahmad Bahauddin Nursalim alias Gus Baha Senin (16/11/2020) pagi ini mendadak jadi trending topic di Twitter.  Pasalnya, di Twitter telah ramai beredar rekaman suara Gus Baha yang menyebut "berkah adanya lonte".  

Setelah ditelusuri, rekaman suara itu ternyata pertama disebarkan oleh Ustaz Maaher At-Thuwailibi melalui akun Twitter-nya, @ustadzmaaher_.

Baca Juga : Iwan Fals Bikin Polling Twitter untuk Nikita Mirzani vs Ustaz Maaher, Siapa Yang Unggul?

 

Ustaz Maaher mengunggah potongan rekaman suara Gus Baha saat ceramah yang menyebut adanya keberkahan dari sebutan lonte bagi orang nakal.  Dalam rekaman tersebut, Gus Baha membahas lonte yang dianggap menjijikkan namun membawa berkah.  

Tak ayal, potongan rekaman suara itu menjadi viral hingga membuat nama Gus Baha menggema di Twitter.

"Contoh paling mudah semoga kita dapat berkah dari contoh ini. Sebetulnya dalam etika Jawa, berkah kebenaran orang nakal harus dikatakan sundal atau lonte.

Itu kelontean dan kesundalan akan tabu terus, selama orang masih ngomong untuk lonte itu sundal, untuk WTS itu lonte atau sundal.

Artinya apa, orang masih jijik atau merendahkan derajat mereka yang berprofesi sebagai lonte atau sundal. Dan ini baik bagi agama, bagi keberlangsungan moral. Karena masih ada yang menjijikkan proses-proses yang salah.

Meskipun kita sebagai ulama, sebagai tokoh masyarakat tentu mereka tetap kita kasih ruang untuk taubat, juga kita kasih hak-hak martabatnya sebagai manusia. Tapi kita akan tetap bilang itu lonte atau apa," ujar Gus Baha dalam rekaman video itu.

Mengunggah rekaman suara tersebut, Ustaz Maaher pun berujar bahwa kita harus menyebut Gus Baha sebagai "lonte"  

Baca Juga : Tanggapi Anggota TNI yang Ditangkap, Rizieq: Giliran Brimob Gotong Cukong Nggak Masalah

 

 

"Ulama besar NU (Gus Baha): harus kita katakan lonte!" ujar Maaher.

Diketahui, video ceramah itu diduga terjadi jauh sebelum perseteruan Ustaz Maaher dan Nikita Mirzani.  Diketahui Nikita sempat mengomentari kepulangan Imam Besar FPI Muhammad Rizieq Shihab ke Indonesia.  Dalam pernyataannya Nikita menyebut habib merupakan tukang obat.  

Hingga akhirnya pernyataan Nikita itu memicu kemarahan beberapa pendukung Rizieq. Salah satunya Ustaz Maaher.  Bahkan Ustaz Maaher mengancam akan mengepung rumah Nikita dengan 800 orang pendukung Habib Rizieq. Dalam cuitannya yang ditujukan kepada Nikita, Ustaz Maaher menyebut Nikita sebagai lonte.

Di sisi lain, Nikita tidak gentar dengan ancaman Ustaz Maaher. Malah dia mengungkap bahwa Ustaz Maaher menghina ulama besar Habib Lutfi dalam sebuah cuitannya.

 


Topik

Peristiwa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

Sri Kurnia Mahiruni