Kepala Diskopindag Kota Malang Wahyu Setianto (tengah) saat berfoto bersama pelaku IKM dalam penutupan IKK Fest 2020. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Kepala Diskopindag Kota Malang Wahyu Setianto (tengah) saat berfoto bersama pelaku IKM dalam penutupan IKK Fest 2020. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Dinas Koperasi  Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang telah menutup gelaran Industri Kecil Menengah (IKM) Fest 2020  pada Jumat (13 November 2020) malam. Sebelumnya, IKM  Fest digelar selama tiga hari, mulai  11 hingga 13 November 2020.

IKM Fest yang mengusung tema "Sejuta Kebahagiaan Industri Kreatif di Kota Malang Dalam Semangat Pemulihan Ekonomi Nasional " itu digelar sebagai upaya pemulihan perekonomian masyarakat. Khususnya para pelaku IKM yang memang terdampak secara ekonomi saat masa pandemi covid-19.

Baca Juga : Pembangunan Kayutangan Heritage Dikeluhkan Pedagang, Ini Kata DPRD Kota Malang

"Ya ini memang salah satu upaya mendongkrak perekonomian IKM. Kami harapkan nantinya setelah kegiatan ini, geliat perkonomian IKM, khususnya yang ada di Kota Malang, bisa bangkit. Para IKM juga semakin kreatif, inovatif, tangguh dan mandiri," ungkap Kepala Diskopindag Kota Malang Wahyu Setianto.

Setelah kegiatan ini, pantauan tetap akan dilakukan Diskopindag Kota Malang kepada para IKM. Yang dipantau perkembangan IKM  dari berbagai sisi sehingga  kemajuan IKM bisa termonitor. Pantauan tersebut dikomandoi oleh bidang perindustrian.

"Jadi, tidak hanya saat pameran pantauannya. Namun juga setelah pameran akan dipantau. Apakah omzet mereka meningkat dan pemasaran mereka juga semakin meluas ,"  ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Perindustrian Fahmi Fauzan menambahkan hal yang senada dengan Wahyu Setianto. Kegiatan yang anggarannya bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) itu memang dimaksudkan untuk meningkatkan daya saing dan recovery ekonomi pada era new normal.

Baca Juga : Bertabur Hadiah Menarik, ini Agenda HUT ke-1.260 Kabupaten Malang Tahun 2020

"Event-event seperti ini nantinya juga akan digelar kembali. Dengan gagasan baru dan juga lebih banyak menjaring komunitas-komunitas IKM di Kota Malang. Sehingga diharapkan dapat memberikan motivasi bagi pelaku industri kreatif untuk selalu berkreasi dan berinovasi dalam menciptakan produk-produk kreatif yang sejalan dengan selera pasar. Tujuannya mewujudkan penguatan industri kreatif serta dapat memberikan kontribusi secara optimal bagi kemajuan ekonomi masyarakat," ungkapnya.