Berkarya Selama 21 Tahun, Mocca Luncurkan Album Keenam Bertajuk "Day By Day"

Nov 07, 2020 11:49
Para personel Mocca yang hingga 21 tahun tetap bertahan dalam naungan band Mocca. (Foto: Dok. Mocca) 
Para personel Mocca yang hingga 21 tahun tetap bertahan dalam naungan band Mocca. (Foto: Dok. Mocca) 

MALANGTIMES - Band Mocca tak kenal lelah untuk selalu berkarya dan memberikan yang terbaik kepada pendengarnya. Dan tepat di usia ke-21 tahun, salah satu band indie pop kenamaan Indonesia itu meluncurkan album keenamnya yang bertajuk "Day By Day". 

Mocca pun memberikan kesempatan bagi para pendengarnya untuk menjadi orang-orang pertama yang dapat menikmati sajian track list 9 lagu yang tertuang dalam compact disc (CD) dengan memesan di website konsermocca.com sejak 1 November 2020. 

Kemasan album keenam Mocca itu merupakan sajian yang khas dan kreatif dari band tersebut. Seakan telah menjadi sebuah tradisi, di setiap rilisan fisiknya, Mocca selalu memberikan kemasan yang berbeda dan memiliki makna tersendiri di setiap albumnya. 

Untuk kemasan album "Day By Day", Mocca memercayakan desain dan ilustrasi kepada Iyoichi. Hasilnya sangat estetik. Dalam kemasan CD edisi luks, Iyoichi membuat kemasan dalam kotak yang terdapat dua orang bermasker serta terdapat jam yang berputar dengan menggunakan tenaga baterai. 

Desain dan ilustrasi dari Iyoichi untuk album keenam Mocca seakan menunjukkan kondisi yang dialami masyarakat sekarang ini. Kesan yang ditonjolkan, masyarakat harus memiliki harapan serta optimisme yang tinggi dalam menjalankan hidup hari demi hari. 

Album keenam "Day By Day" diproduseri langsung oleh Mocca dan dirilis melalui Lucky Me Music Records. 

Mocca sendiri digawangi  Arina Ephipania (vokal, ukulele), Riko Prayitno (gitar, bas, vokal latar), Toma Pratama (bas, vokal latar) dan Indra Massad (drum, vokal latar). Kekompakan empat personel tersebut menghasilkan lagu yang dapat diresapi oleh para pendengar. 

"Hanya dicetak 500 kopi, CD edisi luks Day by Day ini diperkirakan akan bisa diterima para pemesan pada 20 November, bertepatan dengan dirilisnya single 'Brand New Day'," ungkapnya dalam pers rilis yang diterima media online ini, Sabtu (7/11/2020). 

Sebelumnya juga Mocca telah merilis beberapa single untuk persiapan merilis full album "Day By Day". Di antaranya ada "Simple I Love You", "Everything Is Gonna Be Fine" dan "There’s a Light at the End of the Tunnel". Selanjutnya Mocca akan merilis lagu setiap bulan hingga "Day by Day" versi digital tersedia pada  Maret 2021. 



Mocca sendiri awalnya telah berencana bahwa awal tahun 2020 akan merekam materi lagu untuk dirilis dalam konsep mini-album pada perhelatan Records Store Day, April 2020. 

Namun, tak lama setelah merilis single bertajuk "Simple I Love You", Maret beredar kabar bahwa covid-19 telah masuk ke Indonesia. Kondisi tersebut membuat kuartet asal Bandung ini harus mengurungkan niatnya untuk sementara waktu. 

"Selama pandemi, kami sempat panik. Tapi akhirnya punya beberapa rencana untuk tetap bisa produktif," ujar Toma. 

Usai bersepakat dan memutuskan untuk meneruskan materi mini-album menjadi full album, Mocca melakukan terobosan agar bisa tetap berkarya di tengah pembatasan sosial dari pemerintah. Hal pertama yang terealisasi yakni satu lagu bertajuk "Everything Is Gonna Be Fine" direkam sepenuhnya secara berjarak. Masing-masing personel merekam bagiannya dan berada di rumah. 

Arina sang vokalis mengatakan bahwa rekaman dalam konsep berjarak lebih mudah bagi Toma yang sudah berpengalaman. Tetapi  dirinya dan kedua personel lainnya harus beradaptasi dengan konseo baru tersebut. 

"Kecuali Toma yang sudah lebih berpengalaman dan alatnya sudah lengkap. Saya, Riko dan Indra benar-benar harus mulai tahu bagaimana cara merekam di rumah," kata dia.

Namun terdapat dua track yang dikerjakan di dalam studio. Hal ini merupakan upaya Arina yang minta agar lagu "All The Way" dan "There's a Light" direkam studio karena dirinya menginginkan sound drum yang lebih benar. 

Dalam full album "Day By Day" Mocca juga berkolaborasi dengan beberapa musisi. Di antaranya ada Vega Antares untuk mengisi kibor, gitar dan vokal latar. Lalu ada Nanim Wardhani di akordion dan kibor. 

Akbari 'Bane' Hakin dari band Rosemary yang mengisi terompet. Enrico Octaviano yang menambahkan synthesizer. Serta Hiroaki Kato yang menyanyikan vokal latar. 



Rekti Yoewono dari The S.I.G.I.T. dan Mooner juga bertindak sebagai co-producer di penggarapan lagu "There’s a Light at the End of the Tunnel", dengan mengisi vokal, gitar dan bas, serta mengerjakan mixing lagu tersebut. 

"Mereka memberikan elemen-elemen yang kami tidak punya, kayak masakan dikasih bumbu yang baru," terangnya. 

Indra penabuh drum dari Mocca juga mengatakan bahwa secara keseluruhan materi lagu Mocca dalam album "Day By Day" berisi eksplorasi yang baru dari Mocca. Pihaknya berharap agar album "Day By Day" dapat memperkenalkan mereka ke pendengar baru sambil memperluas jangkuan pendengar hingga ke luar negeri. 

Untuk mewujudkan niatan dan harapan yang kedua ini, Mocca telah menyiapkan lagu "All The Way" dengan format bahasa Jepang yang akan beredar secara eksklusif dalam format digital di Jepang, Taiwan dan Korea Selatan.  "Mudah-mudahan banyak yang mau dengar albumnya dan bisa berdampak positif untuk pendengar karena lagunya berisi ajakan-ajakan positif," ungkapnya. 

Sedangkan yang lebih penting lagi disampaikan oleh Riko selaku pemetik gitar dari Mocca mengatakan bahwa dirinya merasa bangga, meskipun di tengah kondisi yang serba terbatas dirinya bersama Mocca dapat menghasilkan sebuah karya. 

"Gue bangga banget sama teman band,  manajemen dan tim teknisi gue. Karena kami masih mampu bergerak dan membuat sesuatu dalam keadaan yang sulit," pungkasnya.

Topik
Band Moccaband indie popmeluncurkan albumalbum single

Berita Lainnya

Berita

Terbaru