Pukul 14.00 WIB, Satlantas Polresta Malang Kota All Out, Mengapa Ya?

Nov 01, 2020 13:33
Kasatlantas Polresta Malang Kota, AKP Ramadhan Nasution (Anggara Sudiongko/ MalangTIMES)
Kasatlantas Polresta Malang Kota, AKP Ramadhan Nasution (Anggara Sudiongko/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Satlantas Polresta Malang Kota, mulai pukul 14.00 WIB nanti, Minggu (1/11/2020), mulai mewaspadai adanya arus balik pada hari terakhir liburan panjang yang berpotensi menimbulkan kepadatan arus lalu lintas.

Sebab, diprediksi Satlantas Polresta Malang Kota, jika akan ada kenaikan volume kendaraan 80 hingga 100 persen pada ruas-ruas jalan di kawasan Kota Malang.

Baca Juga : Long Weekend, KAI Tambah Jadwal Perjalanan Malang-Jakarta

 

Kasatlantas Polresta Malang Kota, AKP Ramadhan Nasution menjelaskan, jika pihaknya akan menerjunkan secara all out 124 personel di seluruh wilayah Kota Malang.

"Ini untuk antisipasi adanya kepadatan arus lalu lintas, mungkin yang dari Batu (wisatawan) turun ke wilayah Kota Malang, hari ini sekitar pukul 14.30 WIB, kemudian yang dari selatan wilayah Kabupaten Malang," bebernya.

Untuk lokasi-lokasi yang menjadi pantauan, dijelaskannya berada beberapa titik. Yakni mulai dari perbatasan Dau sampai dengan Kawasan Dinoyo, kemudian kawasan Jalan Soekarno Hatta hingga Jalan Borobudur.

Selain itu, dari arah Kabupaten Malang, mulai dari Kebonagung hingga kawasan Kacuk dan Gadang juga menjadi pusat pantauan. Sebab, diprediksi juga banyak wisatawan atau masyarakat yang berlibur dari daerah selatan.

"Kemudian kalau dari perbatasan utara, dari Hawai sampai Karanglo, pintu tol masuk dan Singosari. Kalau untuk pintu tol Madyopuro mulai hari pertama libur hingga saat ini tidak ada peningkatan yang signifikan," bebernya.

Bila nantinya terjadi kepadatan arus kendaraan pada ruas jalan, petugas nantinya akan melakukan pengaturan secara manual. Petugas akan melakukan diskresi kepolisian bilamana melihat situasi mulai terjadi kepadatan.

"Jika memang nantinya volume kendaraan begitu padat, kita akan mengabaikan traffic light. Kita akan lakukan diskresi kepolisian tentunya agar kegiatan masyarakat lebih lancar dan lebih cepat sampai ke tujuan," jelas.

Dan bilamana situasinya telah normal dan tidak terjadi kepadatan, maka tentunya fungsi dan adanya traffic light tetap harus kembali dipatuhi.

Seperti diketahui sebelumnya, jika mulai tanggal 28 Oktober 2020 hingga 1 November 2020, masyarakat menjalani libur panjang Maulid Nabi dan juga cuti bersama.

Baca Juga : Takut Bus yang Dinaiki Tidak Layak, Cek Saja lewat QR Code BLUE

 

Selama liburan tersebut, di Kota Malang terpantau terjadi peningkatan volume kendaraan masyarakat yang akan berwisata ke Kota Batu, Kota Malang maupun ke kawasan pantai selatan.

 

 

 

 

 

 

Topik
Operasi ZebraSatlantas Polres Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru