Wali Kota Madiun Maidi bersama jajaran PT INKA Persero berkeliling dengan E-inobus.
Wali Kota Madiun Maidi bersama jajaran PT INKA Persero berkeliling dengan E-inobus.

MALANGTIMES - Perusahaan produsen Kereta Api, PT INKA Persero mencoba melebarkan sayapnya pada industri transportasi darat jenis lain. Yakni, bus bertenaga listrik yang diberi nama E-inobus. Hasil karya PT INKA Persero tersebut mulai unjuk kemampuan di hadapan Wali Kota Madiun H Maidi dengan berkunjung ke balai Kota Madiun, Selasa 27/10/2020. 

Kunjungan jajaran PT INKA tersebut disambut langsung Oleh Maidi di Balai Kota Madiun. Pada kesempatan itu Maidi turut menjajal kemampuan hasil Karya PT INKA Persero yang diberi nama E-inobus tersebut. Maidi bersama jajaran PT INKA mulai mencoba menaiki Bus tersebut di Jalan Raya, Start dari Balai Kota di Jalan Pahlawan menuju Jalan Cokroaminoto, Kolonel marhadi, Ahmad Yani, dan kembali ke Balai Kota Madiun.

Menurut Maidi E-inobus memenuhi standar sarana transportasi perkotaan. “Salah satunya dikarenakan Bus ini ramah lingkungan, tidak menyebabkan polusi udara dan tidak Berisik, Uenak pol (enak sekali),” ucapnya.

Maidi berharap ke depan akan terjalin kerjasama antara Pemkot Madiun dan PT INKA. Khususnya untuk melengkapi sarana dan prasarana pariwisata di kota Madiun. Maidi pun memesan bus listrik dengan Body mirip kereta Shinkansen Jepang yang dikenal dengan kereta peluru.

Sementara itu Direktur pengembangan PT INKA (Persero) Agung Sedayu mengungkapkan bahwa terciptanya E-inobus tak lepas dari peran Wali Kota Madiun.  "Tanpa dukungan Pak Walikota yang menyediakan Kota Madiun sebagai etalase kami tentu Kami tidak akan memiliki keberanian untuk mewujudkan sarana transportasi ini," ungkapnya.

Terkait tantangan yang diberikan Maidi untuk membuat bus listrik dengan Body Shinkansen, Agung pun menyanggupi "Kereta kami sudah bisa buat, begitu pula bus listrik. Maka, tantangan itu bisa kami wujudkan," ungkapnya.