Peringatan dini 3 harian Jawa Timur. (Foto: info BMKG)
Peringatan dini 3 harian Jawa Timur. (Foto: info BMKG)

MALANGTIMES - Cuaca hujan disertai dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat akan melanda beberapa kawasan di Jawa Timur, salah satunya di Kota Batu. Cuaca ini akan terjadi selama tiga hari mendatang.

Hal tersebut sesuai dengan informasi yang dirilis Minggu (25/10/2020) oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) untuk Minggu hingga Selasa mendatang. Karena itu agar warga mewaspadai adanya potensi bencana saat Kota Batu dilanda hujan.

Baca Juga : Efek La Nina: Badai Debu, Pohon Tumbang, hingga Banjir Rawan Terjadi di Kota Batu

 

“Peringatan dini cuaca tersebut dirilis dalam 3 hari ke depan. Sejak Minggu sampai Selasa, sehingga warga diharap mewaspadai adanya bencana,” ungkap Kepala Seksi Penanggulangan Bencana dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Achmad Choirur Rochim.

Rinciannya, hujan akan melanda Kota Batu pada Minggu saat Siang hari berbarengan dengan daerah lainnya di Jawa Timur. Seperti di Malang, Mojokerto, Ngawi, Madiun, Ponorogo, Kediri, Pasuruan, Probolinggo, Jember, Bondowoso dan Situbondo. Kemudian untuk di kawasan Kota Batu akan berlanjut hingga malam hari.

Kemudian pada Senin (26/10/2020) juga akan terjadi juga pada Siang hari di Kota Batu. Selain itu juga terjadi di daerah Bojonegoro, Jombang, Madiun, Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Bangkalan, Sampang.

Sedangkan pada Selasa (27/10/2020) hujan akan terjadi sejak pagi hingga siang hari. “Mengingat potensi hujan yang intensitasnya tinggi supaya warga mengenali potensi daerahnya, melihat Kota Batu rawan akan tanah longsor, banjir, dan angin kencang,” imbuhnya.

Baca Juga : Intensitas Pendakian Gunung Panderman dan Buthak Tinggi, Jumlah Tanaman Edelweis Turun Drastis

 

Karena setiap kali terjadi hujan dengan intensitas tinggi Kota Batu biasanya tidak terhindarkan dari ke tiga bencana tersebut. Sehingga BPBD Kota Batu menghimbau warganya supaya waspada akan bencana yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

Mengingat beberapa hari yang lalu lantaran hujan dengan intensitas tinggi terjadi banjir disertai lumpur lantaran saluran irigasi yang tidak maksimal. Akibatnya beberapa rumah kemasukkan air dengan lumpur di Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji.