Situasi menonton di dalam studio gedung bioskop Movimax di era new normal. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Situasi menonton di dalam studio gedung bioskop Movimax di era new normal. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Kabar baik bagi penggemar film di Kota Malang. Dalam waktu dekat, bioskop akan kembali beroperasi.

Kesiapan protokol kesehatan pencegahan covid-19 sebagai salah satu syarat untuk bisa kembali beroperasi juga telah ditinjau oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, Jumat (23/10/2020).

Baca Juga : Bulan Agustus, Pertunjukan Seni Mulai Boleh Naik Panggung di Kota Batu

Setidaknya, ada dua gedung bioskop Movimax di kawasan Mal Dinoyo dan Sarinah yang ditinjau kali ini. Masing-masing area, mulai pintu masuk hingga area menonton di dalam studio, tak lepas dari perhatian petugas kesehatan dari Dinkes Kota Malang.

Yang ditinjau di antaranya, penerapan 3M (mencuci tangan pakai sabun, menjaga Jarak, dan memakai masker) menjadi syarat wajib yang harus diterapkan oleh pengelola bioskop ketika akan kembali mengoperasionalkan layanan menonton bagi penikmat film ini.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Malang dr Husnul Muarif menyatakan, secara garis besar, fasilitas protokol kesehatan dari area masuk dan luar studio bioskop dinilai telah memenuhi standar.

Hanya, ada satu dan lain hal yang memang masih harus dipenuhi bagi pengelola bioskop untuk studio menonton. "Jadi, kalau kita lihat dari protokol kesehatan, mulai awal masuk sampai keluar, ya itu sudah memenuhi. Tapi, ada beberapa tambahan yang kami sampaikan ke manajer di sini, terutama saat di dalam ruangan. Di dalam gedung bioskopnya yang masih belum ada," ujarnya ditemui seuasi meninjau area Bioskop Movimax Sarinah.

Meski begitu, Husnul menyebut tidak begitu banyak yang harus disiapkan lebih maksimal untuk beroperasionalnya bioskop. Salah satunya terkait di area dalam studio yang harus menyediakan air purfying atau penyaring udara.

"Operasional di dalam gedung harus ada penyaring udara, air purifying-nya. Sehingga embusan napas  penonton atau  saat batuk penonton, nah itu bisa terserap dengan alat air purifying itu," jelas juru bicara Satgas Covid-19 Kota Malang itu.

Setelah tinjauan ini, kata Husnul, pihaknya akan segera membuat rekomendasi yang ditujukan kepada Satgas Covid-19 Kota Malang. Artinya, sudah bisa  beroperasional dan tidak, semuanya bergantung pada keputusan Satgas Covid-19 Kota Malang.

Baca Juga : Ingin Nonton Konser di Tengah Pandemi Covid-19? Ini Protokol Khusus dari Menkes

"Jadi, dari Dinas Kesehatan meninjau, kemudian membuat rekomendasi. Untuk selanjutnya diserahkan kepada gugus tugas dan kewenangan Pak Wali (Wali Kota Malang Sutiaji)," tandasnya.

Sementara itu, pengelola Movimax Sarinah
Wanda Juliant menyampaikan, pihaknya sejatinya telah membuat kesiapan jauh hari sejak tiga bulan yang lalu. Hanya, masih terus mundur untuk beroperasional kembali.

Terkaitpenyediaan air purifying, pihaknya menyebut  alatnya telah tersedia. Hanya, masih belum dioperasikan saat ada peninjauan dari tim Dinkes Kota Malang.

“Air purifying kebetulan unitnya kami sudah ada. Kebetulan belum kamk instalasi. Tinggal colok, tinggal pasang saja. Ini kami masih menunggu dari Dinas Kesehatan untuk rekomendasi ke satgas covid. Tapi tetap besar harapan saya mudah-mudahan besok sudah bisa beroperasional," ungkapnya.