Petugas kebersihan DLH Kota Malang saat melakukan apel (foto dok MalangTIMES)
Petugas kebersihan DLH Kota Malang saat melakukan apel (foto dok MalangTIMES)

MALANGTIMES - Banjir menjadi salah satu problem di kota besar yang sama satunya Kota Malang di tahun-tahun sebelumnya. Hal itu membuat beberapa stakeholder mencari solusi bagaimana untuk memecahkannya. Salah satu solusi yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemerintah Kota Malang saat ini yakni dengan membersihkan sungai di Kota Pendidikan ini. Kegiatan tersebut sudah dilakukan sebelum datang musim hujan. 

Kepala Bidang (Kabid) Persampahan dan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) DLH Kota Malang Joao Maria Gomes de Carvalho mengatakan bahwa sudah siap meski musim hujan sudah mulai tiba. "Kami tidak ada persiapan khusus untuk musim hujan, karena kami selalu membersihkan sungai sebelumnya," kata Joe, sapaan akrab Joao Maria Gomes de Carvalho.

Sebelum musim hujan tiba, petugas kebersihan juga sudah mulai melakukan pembersihan di area sungai agar banjir tak lagi melanda Kota Malang. "Setelah melakukan pembersihan di sungai ini hasilnya cukup baik, tinggal sampah-sampah yang nyangkut saja, lalu juga ada ranting-ranting yang tumbuh itu tinggal dibersihkan saja," ungkapnya.

Di sisi lain, Joe berharap bantuan masyarakat agar tidak membuang sampah langsung ke sungai, karena akan mempengaruhi aliran air yang ada pada sungai tersebut. "Kalau kami sudah bersihkan tentunya kami juga harap masyarakat juga tidak buang sampah langsung ke sungai. Jadi jika sekarang sudah bersih nanti musim hujan juga tidak banjir," pungkasnya.