Ilustrasi. (Foto: Istimewa).
Ilustrasi. (Foto: Istimewa).

MALANGTIMES - Menjadi pencegahan pertama untuk menangkan virus termasuk Covid-19, masker kini telah menjadi item yang menemani aktivitas sehari-hari. Termasuk saat mengakses layanan kesehatan, masyarakat pun diwajibkan mengenakan masker.

Hal inilah yang menjadi perhatian khusus bagi fasilitas kesehatan untuk terus memberikan edukasi kepada masyarakat. Salah satunya, tim promosi kesehatan (Promkes) di Puskemas Janti Kota Malang. 

Baca Juga : Disporapar Ajak Millenial Kampanye Protokol Kesehatan lewat Lomba Video

Di kawasan dalam gedung ataupun luar gedung, tim Promkes rutin melakukan penyuluhan kepada pengunjung ataupun masyarakat umum.

"Untuk yang di dalam gedung itu ada penyuluhan rutin setiap pagi bagaimana cara menggunakan masker yang baik dan benar terhadap pengunjung. Kemudian kami juga lakukan penyuluhan keliling untuk menyosialisasikan pentingnya penggunaan masker," kata Penanggung Jawab Promkes Puskesmas Janti, Indra Nirmala.

Sementara untuk penyuluhan keliling, pihaknya menyasar RW-RW yang masuk wilayah kerja Puskesmas Janti. Pun dengan mensosialisasikan bagaimana pembuangan masker yang benar.

Bahkan, tim promkes memanfaatkan platform sosial media seperti Instagram dan YouTube untuk bisa lebih meluas menyasar sosialisasi ke masyarakat.

"Cara pemakaian masker yang baik dan benar dan bagaimana seharusnya membuangnya itu kita terus sosialisasikan. Kita juga buatkan videonya dan kita upload di kanal sosial media Puskesmas Janti," imbuhnya.

Baca Juga : Masker Bekas Jangan Dibuang Sembarangan, Ini Anjuran dari Kadinkes

Menurut Indra, dengan platform ini masyarakat lebih mudah mengakses edukasi-edukasi kesehatan di tengah pandemi Covid-19 yang memang mengharuskan setiap orang mengurangi interaksi tatap muka.

"Tim Promkes kita rajin mengunggah edukasi dan sosialisasi di kanal YouTube dan Instagram resmi kita. Harapannya, masyarakat bisa semakin sadar pentingnya memakai masker, dan pentingnya menjaga kesehatan," tandasnya.