Peta sebaran kasus Covid-19 di Kabupaten Malang periode 29 September 2020 (Foto: Istimewa)
Peta sebaran kasus Covid-19 di Kabupaten Malang periode 29 September 2020 (Foto: Istimewa)

MALANGTIMES - Setelah sempat mendapatkan penanganan medis, 2 pasien asal Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang akhirnya dinyatakan meninggal akibat terpapar Covid-19.

Menurut Aniswaty Aziz selaku Humas Satgas Covid-19 Kabupaten Malang, dengan adanya penambahan 2 pasien asal Kecamatan Tumpang tersebut, membuat jumlah pasien di Kabupaten Malang yang meninggal akibat terpapar Covid-19 meningkat menjadi 59 orang.

Baca Juga : Update Covid-19 Kota Batu: Kini, Kecamatan Junrejo Seluruhnya Zona Merah

”Berdasarkan data yang kami terima dari Dinkes (Dinas Kesehatan, Kabupaten Malang) pasien Covid-19 yang meninggal tersebut lantaran memiliki riwayat komorbid (penyakit penyerta),” ungkap Aniswaty.

Di sisi lain, penambahan jumlah pasien Covid-19 yang meninggal dunia itu, juga dibarengi dengan bertambahnya jumlah pasien Covid-19 di Kabupaten Malang yang dinyatakan sembuh.

Hingga Selasa (29/9/2020) tercatat ada penambahan 4 pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh. ”Dengan bertambahnya 4 pasien tersebut, membuat jumlah pasien di Kabupaten Malang yang dinyatakan sembuh meningkat menjadi 793 pasien,” terang Aniswaty.

Kepada media online ini, Aniswaty menerangkan jika penambahan 4 pasien yang dinyatakan sembuh itu, didominasi dari Kecamatan Singosari. Yakni dengan penambahan 2 orang pasien.

Sedangkan 2 pasien lainnya, masih menurut Aniswaty, berasal dari Kecamatan Pakis dan Wagir yang masing-masing wilayah tersebut bertambah 1 orang pasien yang dinyatakan sembuh.

Baca Juga : Hingga Agustus, Klaim Biaya Penanganan Covid-19 di Malang Capai  Rp 24 Miliar

”Bertambahnya 4 pasien yang sembuh itu, membuat jumlah pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Malang hanya tersisa 47 orang,” ucap Aniswaty.

Menurut Aniswaty, dari 47 pasien Covid-19 tersebut mayoritas sudah diperkenankan untuk menjalani isolasi mandiri. ”Sampai dengan kemarin (29/9/2020) sudah ada 45 pasien yang menjalani isolasi mandiri. Sedangkan 2 pasien lainnya masih dirawat di rumah sakit,” terang Aniswaty.

Sebagai informasi, sampai dengan saat ini jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Malang ada 899 kasus. Jumlah itu mengalami peningkatan sebanyak 3 kasus di hari Selasa (29/9/2020).