Wali Kota Malang Sutiaji (bertopi) saat membagikan masker kepada masyarakat di kawasan Pasar Burung Splendid, Selasa (29/9). (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Wali Kota Malang Sutiaji (bertopi) saat membagikan masker kepada masyarakat di kawasan Pasar Burung Splendid, Selasa (29/9). (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Langkah masif untuk menekan penyebaran covid-19 terus digencarkan. berbagai pihak. Kali ini, PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Malang Raya bergerak bersama Forkopimda Kota Malang menyasar kawasan Pasar Burung dan Pasar Bunga Splendid untuk membagikan ribuan masker kepada pedagang dan pengunjung, Selasa (29/9/2020).

Wali Kota Malang Sutiaji ikut berkesempatan membagikan masker kepada masyarakat di area tersebut sekaligus menyosialisasikan gerakan disiplin bermasker. Menurut dia, kepatuhan dalam menerapkan protokol kesehatan pencegahan covid-19 menjadi hal utama untuk terus dilakukan guna menekan angka kasus saat ini. 

Baca Juga : 14 Hari Operasi Yustisi di Kota Batu, Total Denda Terkumpul Rp 2,7 Juta

 

"Karena ketika mengenakan masker, kita akan mengurangi persebaran covid-19. Kami berterima kasih kepada PWI yang juga ikut mengingatkan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan seperti bermasker, hand sanitizer, cuci tangan," ungkapnya.

Sutiaji menambahkan, Kota Malang pelan tapi pasti  masih terus melakukan gerakan masif pencegahan  covid-19. Yakni, melalui kolaborasi dengan berbagai pihak, terutama media massa, agar juga ikut menyosialisasikan dan menginformasikan kebenaran, terutama berkaitan dengan covid-19.

"Pelan tapi pasti kami teurs koordinasi dan kolaborasi untuk hal ini. Pentahelix sangat penting. Dengan informasi dari media, kita terus-menerus menyosialisasikan hal ini," terangnya.

Kegiatan yang diinisiasi bersama BPJS-Kesehatan Kota Malang ini diharapkan mampu meningkatkan angka kepatuhan protokol kesehatan di masyarakat. Hal ini pula yang disampaikan oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Malang Dina Diana Permata.

"Kami ikut mendukung gerakan sosialisasi ini kepada masyarakat menengah ke bawah untuk menerapkan disiplin protokol kesehatan. Kami berharap masyarakat juga lebih meningkatkan kedisiplinannya," ucapnya.

Baca Juga : Pemerintah Tetapkan Standar SNI untuk Masker Kain, Minimal Harus 2 Lapis

 

Sementara, Ketua PWI Malang Raya Ariful Huda menyampaikan, gerakan tersebut menyasar kawasan Pasar Burung dan Pasar Bunga Splendid Kota Malang bukanlah tanpa alasan. Sebab, masih banyak ditemui masyarakat, baik pedagang atau pengunjung pasar, yang abai protokol kesehatan. Salah satunya, tidak memakai masker saat beraktivitas.

"Dengan pembagian dan sosialisasi ini, kami harap masyarakat akan lebih terbuka dengan kebiasaan baru yang ada. Sehingga, tidak ada lagi yang abai dengan protokol kesehatan dan lebih waspada terhadap kemungkinan persebaran covid-19," ungkapnya.

Sebagai informasi, setidaknya dalam kegiatan ini total ada 4000 masker dan 100 botol hand sanitizer yang dibagikan kepada masyarakat dan pengunjung Pasar Splendid.