Pelaku yang terekam CCTV saat akan meninggalkan lokasi counter yang ditipunya (Ist)
Pelaku yang terekam CCTV saat akan meninggalkan lokasi counter yang ditipunya (Ist)

MALANGTIMES - Sebuah counter HP di kawasan Jalan Ledokdowo, Pakisjajar, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, milik Heru Nuryakin (23) menjadi sasaran penipuan oleh seorang pria dengan menggunakan modus mengaku kenal dengan pemilik counter, Minggu (27/9/2020).

Dengan modus tersebut, pelaku tak pelak berhasil menggondol tiga buah HP bermerek dengan leluasa, hingga pihak counter menderita kerugian sekitar Rp 6 juta.

Baca Juga : Pasangan Sejoli Terekam CCTV Curi 4 Jam Tangan, Pelaku Wanita Punya Tatto di Lengan Kiri

"Pelaku ini ngaku kenal dengan saya. Pas di depan karyawan saya, pura-pura telepon saya dan seolah-olah dia saya suruh untuk mengambil HP, istilahnya ngambil dulu buat counter lain, bayarnya belakangan," ungkap Heru saat dihubungi, Senin (28/9/2020).

Karena karyawan masih baru, lantas ia termakan modus tersebut dan kemudian memberikan tiga buah HP seperti yang diminta oleh pelaku. Tiga HP yang diminta pelaku yakni Samsung A11 dan juga Vivo Y50.

"Setelah itu pelakunya langsung buru-buru pergi membawa tiga HP bekas bersama dushbooknya dan tidak kembali sampai sekarang. Namun saat itu dia (pelaku) sempat terekam CCTV," jelasnya. 

Korban sendiri mengetahui aksi tersebut setelah sekitar pukul 17.00 WIB, Heru Nuryakin datang ke counter untuk mengecek stok barang di counter.

Ia kemudian sempat menanyakan sejumlah stok HP kepada karyawannya, dan oleh karyawannya dijawab jika tiga HP diambil oleh seorang laki-laki yang mengaku merupakan suruhan dari Heru.

"Ya itu katanya sudah telepon saya, tapi saya cek tidak ada yang telepon. Setelah itu saya tunggu sampai dengan pukul 21.00 wib, siapa tau ada teman yang memang mengambil HP, tapi setelah sampai tunggu kok tidak ada sama sekali," bebernya.

Baca Juga : Aksi Bejat 7 Pemuda Perkosa Gadis SMA Hingga Hamil 5 Bulan, 3 Pelaku Jadi Buron Polisi

Setelah itu, karena merasa menjadi korban penipuan dengan kerugian Rp 6 juta, lantas kejadian tersebut, kemudian segera dilaporkan korban ke Polsek Pakis dengan menyertakan barang bukti rekaman CCTV yang menampakkan jelas ciri-ciri pelaku dan plat nomor pelaku.

Pelaku menggunakan motor Honda Beat N 2032 BAT mengenakan helm hitam, celana jeans dan sweater yang nampak dari CCTV warna hitam. "Dari ciri-ciri di rekaman CCTV saya juga tidak kenal karena bukan teman saya," pungkasnya.