Pengumuman permintaan data rekening siswa siswi SMA/SMK di Jatim. (Istimewa)
Pengumuman permintaan data rekening siswa siswi SMA/SMK di Jatim. (Istimewa)

MALANGTIMES - Belum lama ini, pesan singkat WhatsApp ramai memperbincangkan mengenai permintaan data nomor rekening siswa siswi SMK/SMA di Jawa Timur (Jatim) melalui link khusus. Pendataan tersebut mendapat pertanyaan dari beberapa kalangan wali murid, terutama bagi yang anaknya belum memegang rekening tabungan.

Menanggapi ramainya pertanyaan publik, Dinas Pendidikan (Dindik) Jawa Timur pun membuat pengumuman melalui akun resmi mereka di Instagram. Melalui akun tersebut, dijelaskan bahwa permintaan data rekening benar adanya. Hal itu sebagai salah satu tindakan lanjutan kegiatan yang diselenggarakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui program Satu Pelajar Satu Rekening.

Baca Juga : Siswa SMA, Upload Videomu! Tunjukkan Bakatmu dalam Gelaran BINTANG SMA 2020!

Program tersebut telah dicetuskan sejak awal tahun ini. Tujuannya meningkatkan edukasi inklusi keuangan mulai anak-anak dan pelajar.  

"Insan pendidikan. Berikut merupakan informasi yang dapat kami sampaikan berkaitan dengan beredarnya permintaan data nomor rekening siswa jenjang SMA/SMK/PK-PLK Negeri swasta di Jawa Timur untuk program kejar satu rekening 1 pelajar yang diselenggarakan oleh OJK.

Nomor rekening bank harus sesuai atas nama pelajar dan bukan merupakan nama orang lain atau perwakilan. Apabila ada belajar yang sampai pada batas waktu terakhir pengisian formulir ternyata masih belum mempunyai nomor rekening di bank, kami sampaikan bahwa tidak ada kewajiban atau keharusan untuk disegerakan membuka rekening di bank.

Dan bagi pelajar yang belum mempunyai nomor rekening bank tetap diharuskan mengisi formulir yang telah disediakan dengan catatan untuk kolom isian data nomor rekening akan dikosongkan saja atau tidak diisi," tulis akun resmi Disdik Jatim dalam keterangan yang diunggah di Instagram.

Unggahan tersebut pun ramai menarik perhatian warganet, terutama siswa dan para orang tua. Berbagai pertanyaan dilontarkan di kolom komentar tersebut. Pertanyaan seputar langkah dan kewajiban mengenai pembukaan rekening baru.

"Kalau semisal siswa belum punya rekening apakah diharap membuka rekening min," tanya @mdanialazka.

"Tidak apa-apa kak @mdanialazka kalau semisal belum punya. Pihak OJK melakukan permintaan data dengan tujuan seperti informasi diunggahan ini," jawab @dindik_jatim.

"Dan bagi yang belum mempunyai nomor rekening di bank, nama siswanya tetap di data ya kak @mdanialazka, namun untuk kolom rekening dikosongkan saja," tambah @dindik_jatim.

Baca Juga : Sudah Ada Seragam Gratis, Wali Murid di Jombang Malah Dipaksa Beli Seragam

“Kalau pakai rekening ayahnya, tapi atas nama siswa apa bisa min?” tanya @can_teen675.

"Mohon maaf kak, tidak bisa. Harus atas nama pelajarnya langsung," jawab @dindik_jatim.

"Terus kalau gak punya gimana min. Apakah itu suatu keharusan kalau buka rekening harus 500k mana ada duit min," tanya @can_teen675 lagi.

"Semisal dibukakan rekening, tapi tidak pernah menabung bagaimana? Apa tidak keblokir rekening/atmnya. Kan belum tentu juga semua bisa menabung, belum tentu juga ada siswa yang sudah berpenghasilan," tanya @nataan_.

"Mohon berkenan menyimak ulang penjelasan dari unggahan kami. Karena ada beberapa informasi yang telah kami tambahkan," jawab akun @dindik_jatim.