Petugas saat melakukan penebangan pohon tumbang di Jalan Hasanudin, Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji.
Petugas saat melakukan penebangan pohon tumbang di Jalan Hasanudin, Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji.

MALANGTIMES - 70 pohon bakal ditebang oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu. Hal itu dilakukan untuk mewaspadai adanya pohon rawan tumbang yang sering terjadi di Kota Batu. 

Penebangan dan perempesan pohon rawan tumbang itu juga sesuai dengan instruksi dari Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko. Antisipasi pohon rawan tumbang itu untuk memastikan pengguna jalan di Kota Batu lebih aman dan nyaman.

Baca Juga : Setiap Ada Pembahasan Revitalisasi Pasar Kota Batu, HPP Akan Diundang Pemkot

“Agar pengguna jalan ini aman dan nyaman, sesuai dengan instruksi Wali Kota Batu secara bertahap kami alan melakukan penebangan dan perempesan kepada 70 pohon rawan tumbang,” ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DPUPR Kota Batu, Alfi Nurhidayat. 

Sebanyak 70 pohon rawan tumbang itu tersebar di tiga Kecamatan di Kota Batu. Jumlah itu dari pendataan dan tinjauan kondisi pohon yang dilakukan sebelumnya bersama beberapa Organisasi Perangkat Daerah lainnya.

Setelah dilakukan pendataan terdapat 70 pohon rawan tumbang dengan beragam jenis. Mulai dari pohon sono, pohon kembang, mahoni, saman, asaman, cemara angin, trembesi, dan sebagainya.

“Pemotongan dan perempesan pohon yang menjadi kewenangan Kota Batu sudah diatur dalam Perwali nomor. 44 tahun 2017 tentang izin penebangan pohon. Demikian juga untuk penebangan pohon di jalur provinsi sudah diatur dalam Peraturan Gubernur,” imbuhnya.

Baca Juga : Cegah Kejadian Pohon Tumbang, DLH Rutin Lakukan Patroli Pemantauan Pohon Kota

 

Hingga saat ini DPUPR Kota Batu sudah mulai melakukan penebangan dan perempesan di beberapa titik di Kota Batu. Seperti di Jalan Bukit Berbunga, Sidomulyo, Kecamatan Bumiaji. 

Penebangan dan perempesan itu dilakukan juga sesuai dengan permintaan masyarakat. Lalu juga mendahulukan untuk pohon yang rawan tumbang.