Mobil pemadam kebakaran yang terparkir di-depan gedung PT Unirama Duta Niaga (Foto: Ashaq Lupito / MalangTIMES)
Mobil pemadam kebakaran yang terparkir di-depan gedung PT Unirama Duta Niaga (Foto: Ashaq Lupito / MalangTIMES)

MALANGTIMES - Meski kebakaran bisa diatasi oleh petugas, namun secara bergantian dua unit mobil pemadam kebakaran milik PMK Kabupaten Malang, terpantau masih terparkir di halaman PT Unirama Duta Niaga, Sabtu (26/9/2020).

Menurut Kepala Bidang PPK (Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran) Kabupaten Malang, Goly Karyanto, disiagakannya dua unit mobil pemadam kebakaran tersebut, bertujuan untuk mengantisipasi adanya kebakaran susulan.

Baca Juga : Petugas Labfor Gadungan Minta Nomor Manajemen PT Unirama, Diduga Hendak Lakukan Pemerasan

 

”Yang jelas api dapat dipadamkan kemarin (Jumat 25/9/2020) sekitar jam setengah 5 sore. Tapi ada beberapa personel dan mobil damkar (pemadam kebakaran) yang masih kami Standby-kan di lokasi kejadian,” terang Goly saat dikonfirmasi Sabtu (26/9/2020) malam.

Dari keterangan yang disampaikan Goly, setelah api berhasil dipadamkan Jumat (25/9/2020) sekitar pukul 18.00 WIB hingga hari ini (Sabtu 26/9/2020), sedikitnya sudah ada 2 tim yang disiagakan di PT Unirama Duta Niaga.

Dari 2 tim tersebut, masing-masing beranggotakan 3 personel dan membawa 1 unit mobil damkar. ”Tim pertama yang Standby sejak kemarin malam, sudah bergeser tadi (Sabtu 26/9/2020) pagi. Sorenya, kami kirim 1 tim untuk berjaga-jaga di sana (PT Unirama Duta Niaga),” ungkap Goly.

Menurutnya, masih dikerahkannya personel dan mobil damkar ke gudang distributor popok dan kosmetik tersebut, lantaran kepulan asap masih menyelimuti lokasi kebakaran yang terjadi pada Kamis (24/9/2020) lalu itu.

”Berdasarkan penglihatan teman-teman PMK, secara kasat mata sudah tidak ada api yang menyala. Tapi kalau berasap memang iya, namun asapnya juga tidak pekat dan tidak banyak,” jelas Goly.

Meski tidak bisa dipastikan apakah masih ada kobaran api di bawah reruntuhan material bangunan, namun dari analisa petugas PMK Kabupaten Malang asap tipis yang sempat menyelimuti sekitar lokasi kejadian itu, diduga hanyalah sisa dari material yang terbakar.

Baca Juga : Kebakaran Bangunan PT Unirama Terparah Tahun 2020, Ini Analisa Kepolisian

 

”Kalau asap hitam pekat itu biasanya dari bahan kimia yang terbakar, tapi ini hanya asap putih dan putihnya putih tipis. Jadi kemungkinan hanya sisa barang yang sempat terbakar dan masih mengeluarkan asap,” pungkasnya.

Seperti pemberitaan sebelumnya, kebakaran hebat di PT Unirama Duta Niaga yang berlokasi di Desa Ngijo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang itu terjadi pada Kamis (24/9/2020) sekitar pukul 12.00 WIB.

Sampai saat ini polisi masih mendalami dugaan indikasi kebakaran. Namun demikian dugaan sementara gudang popok tersebut terbakar karena konsleting listrik. Tidak ada korban jiwa, kerugian akibat insiden memilukan ini ditaksir mencapai Rp 25 miliar.