Akses Jalan Veteran, Kota Malang yang sempat ditutup pada bulan April 2020 lalu. (Foto: Istimewa).
Akses Jalan Veteran, Kota Malang yang sempat ditutup pada bulan April 2020 lalu. (Foto: Istimewa).

MALANGTIMES - Langkah masif menekan angka penambahan kasus Covid-19 masih terus digencarkan di Kota Malang. Pasalnya, hingga kini meski penambahan tak begitu signifikan, tapi angka total kasus masih tinggi.

Hingga kemarin (Selasa, 22/9/2020) jumlah kasus telah mencapai 1.747. Rinciannya, pasien yang telah meninggal dunia sebanyak 167, pasien sembuh 1.272, dan yang masih dalam pemantauan atau perawatan ada 308.

Baca Juga : Sebanyak 225 ASN Pemkab Blitar Dites, Hasil Sementara 35 Negatif Covid 19

Di samping melakukan penertiban yustisi dengan pengenaan sanksi denda, dalam waktu dekat jajaran tim operasi gabungan TNI, Polri hingga Satpol PP akan kembali memberlakukan penutupan jalan.

Wali Kota Malang Sutiaji menyatakan, gerakan ini untuk mempertahankan ritme pendisiplinan penegakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Sehingga diharapkan angka penyebaran kasus bisa ditekan.

Apalagi, sekarang penggunaan masker bagi warga Kota Malang yang beraktivitas semakin terlihat lebih meningkat dibandingkan sebelum adanya operasi yustisi.

"Itu kan gerakan kita secara masif yang kita terapkan (penutupan akses jalan) untuk mempertahankan ritme. Sekarang kan sudah mulai terpantau, upaya itu harus kita gencarkan supaya tidak ada fluktuasi lagi," ujarnya saat ditemui di Balai Kota Malang, Rabu (23/9/2020).

Sebelumnya, akses penutupan jalan sudah pernah dilakukan di akhir bulam Maret hingga awal bulan April 2020 lalu. Saat itu, ada dua kawasan yang menjadi prioritas untuk ditutup, yakni Jalan Ijen dan Jalan Veteran, Kota Malang.

Untuk penutupan jalan kali ini, menurut Sutiaji, bakal diberlakukan di kawasan yang sama. Rencananya, akan segera dijalankan mulai pekan ini.

Baca Juga : Tes SBMPTN Tahun Ini 100 Persen Berbasis Komputer

 

"Nanti sementara sama, jalan yang akan ditutup di Veteran sama Ijen," terangnya.

Untuk diketahui, langkah ini kembali diberlakukan menyusul adanya usulan dari Polresta Malang Kota yang menilai wilayah Kota Malang masih berzona merah. Rencananya, penutupan akses jalan tersebut akan dijalankan di akhir pekan seperti pemberlakuan sebelumnya.

Penutupan akses jalan ini akan dijalankan dalam dua sesi. Di pagi hari, antara pukul 06.00 hingga pukul 10.00 dan malam hari pukul 19.00 hingga 24.00.

Selama pemberlakuan akses penutupan jalan, masyarakat diharapkan mengurangi aktivitas bepergian keluar rumah dan menghindari aktivitas di area yang mengundang kerumunan massa.